WARTA | RAGAM WARTA

Warung Penyet untuk Buka Puasa di Jakarta

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

WartaJakarta - Penganan yang dimasak dengan cara dipenyet sudah lama menjadi menu kuliner populer. Deretan daging yang digoreng, lalu ditumbuk di atas ulekan, dibalut dengan sambal mentah, selalu sukses memantik nafsu makan.

Menu penyetan biasanya disantap untuk makan siang atau makan malam. Di kala Ramadan, kuliner ini bisa menjadi salah satu pilihan buka puasa. Bila Anda ingin mencari menu penyetan di Jakarta, beberapa tempat ini bisa menjadi pilihan.

Warung Bu Kris
Warung Bu Kris merupakan restoran penyet di Jakarta khas Jawa Timur. Warung ini menjajakan beragam menu penyetan, seperti ayam penyet, paru penyet, cumi penyet, tempe dan tahu penyet, sampai bakso penyet. Beragam sambal melengkapi rasa masakan yang akan menambah selera makan.

Harga menu makanan dibanderol mulai Rp 7.000 sampai Rp 50 ribu. Ada tujuh cabang warung penyet Bu Kris di Jabodetabek. Di antaranya di Jalan Fatmawati, Jalan Meruya Ilir Raya, Serpong, Muara Karang, Tangerang, Kelapa Gading, dan Bekasi.

Penyetan Cok
Menjadi pesaing Warung Bu Kris, Penyetan Cok juga menyebar di tujuh lokasi di Jabodetabek. Di antaranya di Pasar Minggu, Sunter, Kuningan, Kalibata, Karang Tengah Tangerang, Blok M, dan Serpong Utara.

Namun menu Penyetan Cok sedikit lebih beragam. Tidak hanya ayam, menu iga penyet, bandeng manuk, rempelo, dan wader turut meramaikan ragam jenis penyetan. Sambal yang melengkapi santap penyetan pun beragam, mulai sambal teri, sambal limau, sambal pencit, sambal terong, hingga sambal tomat segar. Harga yang ditawarkan untuk lauk mulai Rp 14 ribu hingga Rp 30 ribuan.

Penyet,z Pak Wewe
Menu penyet di warung Penyet’z Pak Wewe lebih sederhana. Sebab, hanya ada pilihan ayam, jeroan, jamur, dan tahu-tempe. Namun, harga yang ditawarkan lebih murah. Yakni berkisar belasan ribu. Cukup dengan bujet Rp 40 ribuan, Anda bisa makan berdua dengan menyantap menu-menu andalannya. Warung penyet ini berlokasi di Jalan Pangeran Tubagus Angke nomor 20 A, Jelambar, Jakarta Barat.

Penyet Ria Khas Bu Ruth
Bila Anda sedang berkeliling di mal atau pusat perbelanjaan dan ingin menyantap ayam penyet, warung Penyet Ria Khas Bu Ruth mungkin bisa menjadi pilihan. Sebab, lapaknya terletak di beberapa mal, seperti Plaza Atrium Senen dan Pasaraya Grande, Melawai.

Menu penyet yang ditawarkan umumnya berupa daging dan ikan. Seperti ayam penyet, empal penyet, dan mujair penyet. Rata-rata dijual dalam bentuk paket dan dibanderol dengan harga Rp 35 ribuan. Selain penyetan, Anda bisa menikmati beragam sop dan soto Nusantara.

Penulis: Adil
Editor: Adil

Now Trending