WARTA | WARTA JAKARTA

Seniman Mural Lukis Asean Games

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

WartaJakarta - Dalam rangka menyambut Asean Games Sebanyak 200 seniman dari berbagai daerah di Indonesia berpartisipasi dalam ajang kompetisi melukis mural dengan pada 73 tiang tol yang terletak di sepanjang jalan Pulomas sampai Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (4/8/2018).

"Asian Games merupakan kompetisi olahraga kedua yang besar setelah Olimpiade. Ekonomi suatu negara akan meningkat setelah ada kompetisi skala dunia, salah satunya seperti Asian Games. Untuk itu, kompetisi mural ini diadakan untuk mendukung perhelatan tersebut," kata penyelenggara acara, Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk Tito Sulistio di Jakarta.

Dia menjelaskan bahwa kompetisi mural itu merupakan acara pertama yang mengumpulkan ratusan seniman dari berbagai daerah untuk melukis tiang-tiang jalan tol di Jakarta.

"Mural ini merupakan upaya kita untuk mempercantik tiang-tiang tol yang nantinya akan dilihat oleh para atlet mancanegara. Maka dari itu, saya minta agar muralnya nanti tetap menunjukkan nuansa ke-Indonesia-an, jangan yang seram-seram, misalnya gambar tengkorak, atau warna-warna reflektif (hitam)," terang Tito.

Acara kompetisi mural dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto mewakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono sekitar pukul 08.00 WIB di Kantor CMNP, Jalan Yos Sudarso, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Kami (Kementerian PUPR) sangat mendukung acara (kompetisi melukis) mural ini dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018. Acara ini merupakan bukti adanya kontribusi seniman dalam menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018," kata Sugiyartanto yang membacakan sambutan Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono di Kantor CMNP, Jakarta Utara.

Ia menambahkan, Asian Games merupakan momentum bagi masyarakat Indonesia untuk menunjukkan kapasitas dan kemampuannya di mata dunia.

"Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 merupakan tanggung jawab kita semua," tambahnya.

Dalam sambutannya, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono turut mengapresiasi PT CMNP sebagai pengelola jalan tol yang menyelenggarakan kompetisi mural tersebut bersama komunitas seni Cikini Art Stage.

"Kami mengapresiasi PT CMNP selaku pengelola jalan tol, juga para pekerja seni di seluruh nusantara yang tergabung dalam kompetisi ini. Asian Games ini berlangsung empat tahun sekali. Akhir kata mari tunjukan semangat dan semarak untuk ajang yang bersejarah (Asian Games 2018) ini," kata Sugiyartanto menyampaikan sambutan dari Menteri PUPR.

Sementara itu, Ketua pelaksana acara dari Cikini Art Stage, Aidil Usman mengatakan pihak panitia telah menyeleksi sekitar 189 desain sejak kurang lebih dua bulan lalu, hingga akhirnya 73 rencana gambar mural pun dipilih untuk dilukis di tiang-tiang jalan tol sepanjang Pulomas ke Rawamangun.

"Acara lukis mural dimulai dari hari ini, 4 Agustus dan berakhir pada 7 Agustus. Temanya, Culture Diversity of Asia (Ragam Kebudayaan Asia)," kata Aidil saat ditemui di sela kunjungan ke tiang-tiang tol di Jakarta.

Penulis: Adil
Editor: Adil

Now Trending


Warning: unlink(error_log): No such file or directory in /home/beritanu/wartajakarta.com/media1.php on line 735