WARTA | GAYA HIDUP

Super lndo Ajak Masyarakat Sekitar Bogor Berkebun

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Wartajakarta.com- Super lndo kembali luncurkan fasilitas berkebun bagi masyarakat dengan mengusung konsep urban farming, bercocok tanam di perkotaan dengan lahan terbatas. Peresmian fasilitas ini ditandai dengan kegiatan tanam perdana di Iokasi food garden (kebun tanaman produktif) Super Indo Pabuaran yang berlokasi di Cibinong, Bogor.

Hadir mengikuti kegiatan peresmian dan tanam perdana; perwakilan pemerintahan Kabupatedn Bogor, pen/vakilan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB). perwakilan warga, jajaran manajemen Super lndo, pegiat lingkungan, serta anggota Super lndo Berkebun.

Program berkebun yang dijalankan oleh komunitas Super lndo Berkebun (SIB) di Bogor ini adalah perluasan dari kegiatan berkebun yang sebelumnya telah dijalankan di Super lndo RE Martadinata. Ciputat, Tangerang Selatan, Super lndo Wibawa Mukti, Bekasi, dan Super Indo Ujung Berung, Bandung dengan lebih dari 200 anggota aktif.

Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo, D. Yuvlinda Susanta dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan Super Indo Berkebun diinisiasi oleh Super Indo karena membawa banyak manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Kegiatan menanam yang sangat sederhana Iini bisa menjawab masalah-masalah sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan secara bersamaan. lmplementasinya sangat mudah dan murah karena bisa dilakukan di mana saja termasuk di rumah-rumah perkotaan dengan menggunakan konsep urban farming. Selain itu kegiatan ini mengkolaborasikan dan mengeksplorasi kegiatan hijau terutama dengan mengajak dan melibatkan secara aktif masyarakat serta stake holders dalam menjaga sumber pangan alami kita dengan kegiatan menanam tanaman produktif seperti buah dan sayur’.

“Berkebun dalam konsep urban farming kami lihat sebagai solusi dalam meningkatkan gaya hidup sehat baik fisik maupun mental. Kegiatan ini dapat memperbesar akses kosumsi sayuran dan buah secara mandiri, hanya saja masih belum banyak masyarakat yang mengerti cara menanam dan mendapatkan benih yang baik untuk mulai ber-urban farming. Karenanya Super lndo kembali mendedikasikan sebagian lahannya di kawasan Bogor untuk digunakan sebagai media training menanam tanaman produktif secara gratis bagi masyarakat Bbgor”, jelas Yuvlinda Susanta.

Lahan food garden sebesar 225m2 ini bisa memfasilitasi 30 anggota di setiap batch-nya. Selama 2 bulan periode training, anggota SIB akan mendapatkan kelas berkebun dengan materi yang telah dipersiapkan, yaitu cara mengolah media tanam, cara memilih benih, cara merawat tanaman, cara memanen, hingga cara mengolah dan menyimpan hasil panen. Di food garden ini, para anggota juga akan diberikan pengenalan dua teknik menanam tanaman, yaitu di bercocok tanam di lahan tanah dan vertikultur. Selain kelas berkebun, anggota juga berkesempatan memperoleh kelas nutrisi dan kelas memasak, di mana anggota diajarkan cara mengolah hasil kebun dan cara memasak menu makanan Iezat dengan cara sehat.

Hadimya Super lndo Berkebun di Bogor diharapkan dapat semakin mendorong masyarakat Bogor untuk mulai berkebun walaupun di lahan yang terbatas dan menumbuhkan kecintaan menanam tanaman produktif untuk konsumsi sendiri. “Berkebun di lahan terbatas di perkotaan tidak hanya meningkatkan kembali kualitas tanah namun juga menambah daerah resapan hujan sehingga mencegah banjir dan mampu memperbaiki kualitas udara yang sempat menurun karena polusi kendaraan, serta menurunkan emisi karbon yang memicu
Pemanasan global,” tambah Yuvlinda.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending