WARTA | RAGAM WARTA

GK Foundation Gelar Rawatan Negeri di Kantor Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

WartaJakarta.com-Jakarta
Hutan dan Lingkungan Hidup merupakan kekayaan hayati Indonesia yang telah sejak dahulu kala menjadi penyangga kehidupan masyarakat. Pemanfaatan areal hutan oleh warga di sekitarnya merupakan konsekwensi dan realita dari upaya warga memenuhi kebutuhan hidupnya. Makin bertambah jumlah warga, tak elak menambah luas wilayah pemanfaatan hutan.

Maka untuk mengatasi persoalan Kehutanan dan Lingkungan hidup,Galang Kemajuan (GK) Foundation mengadakan acara RAWATAN NEGERI dan Deklarasi GKHI (Galang Komunitas Hijau Indonesia) yang kali ini mengambil tema Hutan Kaya, Lingkungan Terjaga, Rakyat Sejahtera , bertempat di  area Arboretum (Cafe Hutan)  Manggala Wanabakti, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Sabtu(6/10).

Pemerintah Indonesia telah menerbitkan Peraturan Presiden No.97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah (JAKTRANAS). JAKTRANAS merupakan momentum besar penataan sistem pengelolaan sampah di Indonesia.

Target pengelolaan sampah 100% pada tahun 2025 dengan pengurangan sampah 30% dan penanganan sampah 70%. Kondisi ini adalah merupakan perubahan paradigma besar dalam pengelolaan sampah selama ini," ujar Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa V Ratnawati SH.
Lebih lanjut kata Rosa, angka pengurangan sampah 30% memberikan makna bahwa paradigma pengelolaan sampah memberikan titik tekan pada kebijakan up-stream (hulu), dengan mindset 3R (reduce, reuse, recycle).

Acara Rawatan Negeri ini dikemas dalam bentuk Takshow dengan menghadirkan Narasumber lainnya yaitu , Dirjen Pengelolaan Sampah, limbah dan B3, Dr .Ir.Bambang Supriyanto M.Sc,Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Parjan, Inisiator Ecowisata Kalibiru,Kulon Progo, Sandy Canester, Penyanyi & Pemerhati lingkungan Hidup dan Moderator Premita Fifi, Founder KiPerindonesia.com. serta Kelik Wirawan Wahyu Widodo Ketua Umum GK Foundation.

Ketua Umum GK Center Kelik Wirawan mengatakan ; pada hari ini teman teman Gk Foundation mengadakan acara bersama di Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan , ini adalah salah satu bentuk dukungan masyarakat terhadap program-program pemerintah terkait dengan lingkungan hidup, ujar Kelik yang ditemui pada sela acara berlangsung.

Seperti yang kita ketahui seperti pemerintah telah memberikan lahan kepada masyarakat dalam program kehutanan sosial dan para pihak swasta sendiri melakukan kerja sama di bidang sains untuk kemajuan lahan-lahan usaha di bidang pemerintah itu sendiri, ungkap Kelik.

Di tempat yang sama Trisya Suherman (Icha) selaku Ketua GK Pengusaha mengatakan; Di dalam acara ini kita ingin mengsosialisasikan kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga sampah dan mengeolah lingkungan dengan mengurangi sampah plastik yang sangat banyak pada saat ini, ujar di Icha yang ditemui di depan stan booth Bambu Spa Indonesia di lokasi yang sama.

Dengan kita menjaga dan melestarikan lingkungan ini, nantinya efek pelestarian tersebut akan dirasakan sampai nanti kepada anak cucu kita semua maka dari itu kita harus dari sekarang mengsosialisasikan kurangin plastik dengan memakai bag yang bisa di pakai secara berulang-ulang, kata Icha.

Disini kita Bambu Spa Indonesia yang merupakan salah satu sponsor yang mendukung program acara ini, kami membagikan ekobag supaya plastik di lingkungan itu tidak banyak dan ada juga kipas cantik dari bambu yang kita bagi-bagikan juga kepada para tamu undangan, tutup Icha.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending