WARTA | NASIONAL

Uni Eropa gugah semangat sportivitas melalui Program Penghargaan Jurnalistik berwawasan Hak Asasi

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Wartajakarta.com-Pada Agustus 2018 lalu, Delegasi Uni Eropa mengumumkan diselenggarakannya program Penghargaan Uni Eropa untuk Wartawan (#eu4wartawan), sebagai bentuk apresiasi terhadap karya tulis jurnalistik yang sangat baik dan mampu mengangkat isu keberagaman serta non-diskriminasi, dengan memanfaatkan kesempatan Asian Games (18 Agustus – 2 September 2018), Asian Para Games (6-13 Oktober 2018) dan Festival Bebas Batas (12-29 Oktober 2018).


Menjelang berlangsungnya Asian Para Games dan Festival Pasar Bebas, Delegasi Uni Eropa kembali mengingatkan rekan-rekan media tentang program penghargaan ini dan mengundang para jurnalis yang telah meliput atau yang akan menghasilkan tulisan seputar Asian Games, Para Games atau Festival Bebas Batas 2018, untuk mendaftarkan karyanya (maksimal satu tulisan per-pendaftar).

Perlu diperhatikan bahwa karya tersebut harus original dan memuat nilai-nilai keragaman dan nondiskriminatif.
Inisiatif Uni Eropa ini, yang diselenggarakan dalam rangka merayakan 70 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, bertujuan untuk meningkatkan perhatian masyarakat Indonesia terhadap substansi hak asasi manusia yang bersifat universal dan relevansi dari nilai-nilai hak asasi manusia tersebut, termasuk non-diskriminasi, esetaraan gender, toleransi dan keberagaman.

Nilai-nilai ini sesuai dengan prinsipprinsip dasar Piagam Olimpiade yang menyebutkan bahwa tiap individu harus
memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan olahraga tanpa dihalangi oleh diskriminasi dalam bentuk apa pun, dan harus terus dilindungi oleh semangat Olimpiade.


Asian Games, Asian Para Games dan Festival Bebas Batas 2018 merupakan kesempatan yang tepat untuk menyampaikan pesan-pesan tersebut. Media memainkan peran penting dalam menyoroti isu-isu ini dan dapat menggugah
masyarakat serta pemerintah untuk mengambil tindakan yang sungguh-sungguh dalam melawan diskriminasi, dan juga untuk memastikan hak asasi manusia berlaku untuk semua orang tanpa kecuali. Penghargaan #eu4wartawan dimaksudkan untuk mendukung jurnalis Indonesia yang berkontribusi pada tujuan dan aspirasi tersebut.
Program penghargaan ini terbuka bagi wartawan media cetak maupun online profesional berkewarganegaraan Indonesia.
Tenggat waktu pendaftaran adalah 9 November 2018.


Lima pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program kunjungan selama 1 (satu) minggu ke Eropa, sedianya akan diselenggarakan pada tahun 2019, untuk bertemu dengan para pakar dan mengunjungi institusi Uni Eropa yang memiliki perhatian pada bidang hak asasi manusia dan olahraga, serta bertemu dengan wakil-wakil organisasi masyarakat sipil di Eropa.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending