WARTA | EKONOMI

Modern Cikande Hadirkan Modern Halal Valley

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Wartajarkarta.com-Kawasan industri ModernCikande Industrial Estate (MCIE) yang dikembangkan PT Modern Industrial Estat (anak usaha PT Modernland Realty Tbk.) terus menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu kawasan industri terbaik yang pantas diperhitungkan di Indonesia.

HAl ini terlihat dengan masifnya pengembangan berbagai fasilitas di dalam kawasan industri yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten tersebut, untuk mendukung berbagai aktifitas bisnis para tenant-nya. Tak heran, jika saat ini Kawasan industri ModernCikande cukup diminati para investor dan pelaku industri, baik dari dalam maupun investor asing yang ingin berinvestasi di Indonesia.


ModernCikande Industrial Estate saat ini juga terus melebarkan sayap untuk menarik minat para investor dari manca negara. Setelah sebelumnya aktif melakukan penetrasi di pasar industri Cina dan Taiwan, serta dilanjutkan dengan mulai merambah ke potensi pasar industri dari Korea Selatan. Teranyar, ModernCikande Industrial Estate memiliki potensi besar untuk mengembangkan kawasan industri halal pertama di Indonesia.


Sebelumnya industri halal kurang diterapkan secara maksimal. Padahal Indonesia adalah negara dengan konsumen terbesar produk makanan halal dunia dengan nilai ekonomi mencapai 197 miliar dolar AS, disusul Turki yang mencapai 100 miliar dolar AS. Pemerintah sendiri terus mendorong pengembangan kawasan industri halal di Indonesia. Pasalnya banyak faktor pendukungnya, antara lain, jumlah penduduk muslim mencapai 85% dari total jumlah penduduk Indonesia k untuk produk halal berkualitas tinggi. Saat ini, Indonesia menempati pasar makanan halal terbesar di dunia, kosmetik halal terbesar kedua dsebanyak 235 juta jiwa.


Gaya hidup terhadap produk halal dewasa ini juga semakin menjadi tren di dunia, sejalan dengan kesadaran masyarakat global tentang manfaat produk-produk halal bagi kesehatan sehingga kehadiran produk-produk halal pun makin menjadi tuntutan masyarakat. Halal Industry Development Cooperation Sdn Bhd (HDC), sebuah lembaga di bawah pemerintah Malaysia yang bertugas mengembangkan industri halal bahkan memprediksi pada 2019 pangsa pasar produk halal global mencapai US$ 3,7 triliun.


PT Modern Industrial Estat mulai mengembangkan Modern Halal Valley, sebuah cluster industri halal yang terintegrasi pertama dan terbesar di Indonesia seluas 500 hektar yang berlokasi di kawasan ModernCikande Industrial Estate (MCIE) di Cikande, Serang, Banten. Cluster ini nantinya merangkum Halal Intregrated Supply Chain, Standard Factory Building, Industrial Land, dan Logistic Park. ”ModernCikande Industrial Estate ingin berpartisipasi dalam mewujudkan visi Indonesia membangun ekosistem halal yang lengkap untuk makanan halal dan industri terkait,” ujar Pascall Wilson, Direktur Utama PT Modern Industrial Estat.



Menurut Pascall Wilson, melalui Modern Halal Valley, MCIE siap memfasilitasi investor industri halal baik itu lokal maupun asing. Sebab, Modern Halal Valley merupakan zona industri halal yang merangkul nilai-nilai standar halal Internasional, memenuhi standar tertinggi dalam hal halal, keamanan pangan, dan kelestarian lingkungan. Modern Halal Valley menyediakan berbagai kebutuhan penunjang bagi ekosistem halal yang lengkap untuk produksi halal yang efisien serta pendistribusian domestik dan ekspor ke pasar internasional.



“Zona industri halal yang kami kembangkan memiliki infrastruktur dan fasilitas yang menunjang manajemen dan distribusi halal, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun pasar internasional. Kami bahkan berharap nanti cluster ini bisa menjadi ekosistemnya industri halal tanah air, " ujar Pascall Wilson.



Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending