WARTA | EKONOMI

Geliat Pasar Tasik Yang Semakin Menjajikan

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Wartajakarta.com-Bagi anda yang sudah terbiasa untuk berbelanja keperluan sandnag di Tanah Abang tak ada salahnya untuk Coba sekali-kali belanja ke Pasar Tasik.Namanya saja Pasar Tasik namun bukan berarti pasarnya ada di Tasikmalaya, Jawa Barat. Pasar Tasik ini ada di Jakarta, letaknya juga tidak jauh dari Pasar Tanah Abang,tapatnya didaerah Cideng Timur.

Belanja di Pasar Tasik harganya sangat bersaing,bahkan bisa lebih murah hingga 20% dibanding baju-baju di Tanah Abang, yaitu mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu. Lebih murah lagi, jika Anda beli secara grosir atau punya bakat dalam tawar-menawar.

Ditemui di Jakarta Kamis 11 Oktober 2018 H. Heru Nuryaman Pengelola Pasar Tasik mengatakan,' Sekitar 600 pedagang yang menjajakan hasil produksinya di Pasar Tasik yang disediakan di Cideng Timur oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta. Lapak dagangan mereka tidak digelar dengan beralas tikar atau tenda, tapi di bagasi-bagasi mobil.

"Saking murahnya, kebanyakan pembeli di Pasar Tasik berbelanja untuk dijual kembali di daerahnya masing-masing meraka datang dari berbagai daerah terutama dari Indonesia bagian timur,bahkan ada juda dari luar negeri seperti Malaysia,Brunei,Singapore dan Timur Tengah,tutur Heru.

Lebih lanjut dikatakannya,di Pasar Tasik ini walaupun pedagangnya ada sampai 600 an namun untuk soal corak dan desainnya sangatlah berbeda atau masing-masing pedagang memiliki desain tersendiri artinya diantara pedagang tidak terjadi persaingan.


Pasar Tasik buka setiap hari Senin dan Kamis,Pasar dibuka mulai pukul 4 pagi hingga pukul 1 siang. Beberapa pedagang masih ada yang buka sampai pukul 3 sore biasanya sampai lahan bersih kembali.Para pedagang kebanyakan berasal dari wilayah Jawa Barat, seperti Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Soreang, Mereka mulai berdatangan dan menyiapkan lapak sejak pukul 12 malam.

Pengelola juga memberikan kemudahan dalam memasarkan hasil produknya secara online lewat busanatasik.com lewat media online ini para pedagang bisa menjajakan dagangannya kepada konsumen yang berada dari luar jakarta atau yang tidak sempat datang ke Pasar Tasik, dengan adanya media online ini tentunya akan memberikan kelebihan bagi pedagang disamping menjual dagangannya di Pasar Tasik yang hanya bisa di hari Senin dan Jumat.

Para pembeli yang  berkunjung pun memiliki kebutuhan yang sangat beragam dalam berbelanja. Di antaranya ada yang membeli secara ecer, grosir bahkan bisa lewat online. Geliat perekonomian Indonesia juga bisa terlihat dari Pasar Tasik ini , artinya transaksi jual-beli menunjukkan jika salah satu industri kreatif dalam keadaan membaik dan stabil,belum lagi saat hari-hari besar seperti hari Raya Idul Fitri dll.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending