WARTA | EKONOMI

Patos Inkubator, Dukung Pengusaha Pemula Buka Bisnis Lewat Pelatihan dan Pendampingan

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

JAKARTA- Memasuki era industry 4.0, Pemerintah semakin serius mendorong pertumbuhan bisnis di Indonesia. Pasalnya, di tahun 2030, Indonesia diperkirakan akan menjadi kekuatan ekonomi ke 7 terbesar dunia dengan prediksi pendapatan per kapita mencapai US$ 14.900. Untuk itu, generasi milenials yang merupakan salah satu bonus demografi Indonesia (60% dari seluruh popoulasi) akan menguasai pasar SDM dan harus bersaing ketat untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan ketatnya persaingan, maka diharapkan para generasi milenial berani untuk menjadi entrepreneur dan membuka bisnis sendiri. Namun, tentu saja, tak sekedar membuka bisnis. Para pebisnis pemula tentu memerlukan bimbingan dan arahan agar bisnisnya bisa berjalan dan berkembang.

Itulah sebabnya pemerintah mendorong adanya incubator bisnis yang dididirikan baik oleh lembaga pendidikan, instansi pemerintah maupun swasta. Program Inkubasi dan akselerasi perusahaan rintisan (startup) merupakan salah satu faktor yang dapat membantu dan mempercepat pertumbuhan startup. Hal ini lah yang mendorong beberapa anak muda untuk membantu para pengusaha pemula lewat inkubator bisnis.

Setelah sukses menjalankan bisnis RenovAsik.com, sebuah usaha jasa renovasi dengan platform digital, kini RenovAsik.com melebarkan sayap bisnisnya dengan mengembangkan sebuah inkubator bisnis, Patos Inkubator. Patos Inkubator merupakan wadah bagi para pengusaha pemula untuk belajar membangun bisnis dari nol baik yang berbasis digital start up maupun bisnis konvensional.

"Selama 6 bulan terakhir, RenovAsik.com telah berhasil mengembangkan bisnis secara signifikan, berbekal pengalaman tersebut, kami juga ingin membagikan ilmu untuk mengembangkan orang-orangyang ingin memulai bisnis (people development)," ujar Indra Setiawan, pengagas Patos Inkubator sekaligus Chief Strategis Office (CSO) PT Renovasi Indonesia 1 (RI 1), di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Patos Inkubator akan memberikan pendampingan bagi para peserta selama 3 bulan. Program tersebut antara lain akan diajarkan mengenai pengenal diri, penemuan ide, Validasi ide, test market, strategi memasuki market, legal startup, hingga tahap lebih lanjut. "Kami akan memperkenalkan mereka dengan venture capital maupun angel investor untuk membantu mengembangkan bisnis mereka," kata dia.

Tak sekedar pendampingan, Patos Inkubator juga menyediakan co working space gratis bagi para peserta yang ingin bekerja selama menigkuti pelatihan. Di co working space terdapat fasilitas layaknya kantor seperti wi fi, hingga kopi dan teh gratis. "Jadi peserta bisa mengembangkan bisnisnya tanpa harus menyewa satu kantor atau co working space. Tentunya akan lebih efisien bagi mereka yang masih memulai bisnis," kata Indra.

Indra mengatakan, mentor yang akan memberikan bimbingan adalah para ekspert di bidang masing-masing. Diantaranya Coach Tegar Prajaksa (The Most Recommended Business Coach in Indonesia), Gilang Praditiyo (Investment Professional and Enthusiast), Dihar Dakir (CEO Pandawa Media Komunika/Pandawa PR), dan Indra Setiawan (Founder dan CSO RenovAsik.com) serta beberapa mentor lain yang sudah memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis, baik start up maupun konvensional. "Dari para mentor ini kami ingin membantu peserta untuk bisa memahami aspek legal, aspek financial, aspek pajak, branding, system organisasi dan scale up sehingga ketika selesai pelatihan, mereka siap menjalankan bisnis," kata Indra.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending


Warning: unlink(error_log): No such file or directory in /home/beritanu/wartajakarta.com/media1.php on line 735