WARTA | EKONOMI

Temu Muka UMKM Percepatan Transaksi  Pemasaran Global Melalui Media Non Konvensional

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

WartaJakarta.com-Jakarta
Bertempat di Hotel Aryaduta Tugu Tani Jakarta,  Rabu (6/3) 2019 telah dilaksanakan temu muka dengan pelaku usaha, UMKM dan segenap pemangku kepentingan yang diinisiasi oleh jajaran Direktorat Pengembangan Ekspor dalam hal ini diwakili oleh Direktur Fasilitas Ekspor dan Impor Olvy Andriantita.

Tujuan temu muka pada hari ini adalah mengajak para pelaku bisnis terutama UMKM Indonesia untuk bergabung dalam program Percepatan Transaksi Pemasaran Global Melalui Media Non Konvensional, yang akan dimulai di bulan ini, Maret 2019. 

Program ini adalah hasil kolaborasi antara Kementrian Perdagangan khususnya Direktorat Jendral Perdagangan Luar Negeri dengan pihak swasta yang memiliki semangat meningkatkan akses pemasaran produk-produk Indonesia di pasar global. Adapun pihak swasta yang telah tergabung dalam program ini memiliki pengalaman di bidang masing-masing lebih dari 15 tahun selain itu mereka telah memiliki jaringan dan hubungan erat dengan pembeli-pembeli di luar negeri. 

Kontributor dan fasilitator yang bergabung dalam program ini adalah:
1. PT Anugerah Tangkas Transportindo (ATT Group) yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di ranah logistik global.
2. MINPlus sebuah start-up anak negeri, sebuah aplikasi yang ramah guna dimana memberikan kemudahan bagi UMKM dalam melakukan proses ekspor.
3. Selain itu program ini juga berkolaborasi dengan platform platform niaga berskala global seperti Alibaba.com.

Program Percepatan Transaksi Pemasaran Global Melalui Media Non Konvensional, ini terdiri dari 4 pilar kerja utama yaitu :
1. Pendampingan Pengenalan Pasar Global.
2. Pendampingan Operasional Digital Marketing untuk Mempercepat Terjadinya Transaksi di dalam platform niaga.
3. Pengkinian Informasi Regulasi Ekspor.
4. Pendampingan Melalui Aplikasi MinPlus dalam menjalankan proses Ekspor.

Adapun tujuan utama program Percepatan Transaksi Pemasaran  Global Melalui I Media  Non Konvensional ini adalah :

a) Penciptaan eksositem ekspor yang kondusif melalui partisipasi aktif Pemerintah,  pihak swasta dan  komunitas  pelaku usaha dalam upaya menciptakan iklim percepatan ekspor yang nyata.
b) Membantu membuka pasar global bagi UMKM Indonesia melalui media non konvensional dalam rangka memperluas pangsa pasar produk-produk UMKM Indonesia.

c) Memberikan  kemudahan akses ekspor  bagi UMKM Indonesia dengan semangat gotong-royong antar pihak-pihak yang terkait seperti logistik, perijinan, pengiriman dalam negeri agar tercipta kekuatan bagi UMKM Indonesia untuk bersaing di pasar global.

d) Pendampingan langsung kepada pelaku UMKM terutama dalam melakukan proses ekspor melalui media non konvensional agar pengelolaan bisnis lebih efektif sehingga UMKM memiliki kekuatan dalam menjawab permintaan pasar global.

e) Pelatihan dan berbagi pengalaman dari pelaku-pelaku UKM yang telah sukses melakukan ekspor melalui media non konvensional, selain itu juga pendalaman dalam aspek kewiraswastaan, manajemen, administrasi dan pengetahuan serta keterampilannya dalam pengembangan industrinya serta menerapkan hasil pelatihan di lapangan untuk mempraktekkan teori melalui pengembangan kemitraan rintisan.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending