WARTA | Pendidikan

Esa Unggul Siap Cetak Lulusan Berdaya Saing Global

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Wartajakarta.com-Universitas Esa Unggul terus mengembangkan sejumlah program yang mengglobal , salah satunya dengan menjalin Kerjasama Overseas Practical Education Base antara Universitas Esa Unggul dengan Nanjing Xiathuang University (NXU).


Bertempat di Ballroom Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat hari ini (Kamis 14/3/2019) berlangsung penandatanganan kerjasama dengan pihak universitas asal Tiongkok.

Rektor Universitas Esa Unggul Arief Kusuma mengatakan,  "Dalam kerjasama ini yang sangat sesuai dengan visi dan misi Universitas Esa Unggul untuk menjadi World Class University. Sehingga Universitas Esa Unggul berkomitmen membangun pendidikan yang bertaraf internasional dan bekerja sama dengan universitas dari berbagai negara yang sudah maju, salah seperti hari ini dengan Tiongkok,” tutur Arief.

Lebih lanjut Arief menambahkan "Melalui kerjasama ini diharapkan dapat melahirkan para lulusan dari Universitas Esa Unggul lnternasional Program yang mampu bersaing secara global di tengah pasar bebas saat ini. ”Tak bisa dipungkiri, saat ini Tlongkok menguasai pasar dunia, baik dari segi ekonomi maupun teknologi. Dengan menggandeng Tlongkok, diharapkan kita dapat mengambil pelajaran dari kemajuan Tlongkok, “sambung Arief.

Disisi lain,Vice President NXU, Zhang Bo menjelaskan,pihaknya menyambut baik kerjasama dengan Universitas Esa Unggul, mengingat Universitas ini memiliki kredibilitas dan kualitas yang sangat baik di Indonesia. 

"Untuk itu, kami memilih bekerjasama bahkan mendirikan kantor perwakilan kami di Universitas Esa unggul, karena kami sangat percaya pada kualitas dan kredibilitas Universitas ini,” imbuh Zhang.

Terkait dengan kerjasama ini, Fransiskus Adikara selaku Direktur Esa Unggul International Program menjelaskan, Universitas Esa Unggul International Program telah bekerjasama dengan tiga universitas terkemuka di Tiongkok, yaitu Jiangsu Second Normal University (JSNU) jurusan Communication and Visual Design, Nanjing Xiathuang University (NXU) jurusan Informatics Engineering,dan North China Electric Power University (NCEPU) jurusan Industrial Engineering. Bahkan, salah satu Universitas mitra yaitu Nanjing Xiathuang University (NXU) telah membuka kantor perwakilan di kampus Esa Unggul. 

International Program Universitas Esa Unggul telah menyiapkan 3 program,yaitu Joint Degree dimana mahasiswa dapat mengikuti kuliah 2 tahun di Universitas Esa Unggul dan 2 tahun di Tiongkok. Selain itu tersedia Juga, Double Degree, pada program inl mahasiswa mendapatkan gelar sarjana baik dari universitas Esa Unggul maupun Universitas mitra Esa Unggul di Tiongkok.


"Yang sudah diberangkatkan itu sekitar 50 orang dan yang sudah lulus yaitu 29 orang lainya ada di luar negeri tidak kembali lagi ke Jakarta mereka langsung bekerja ada di Taiwan ada di Korea dan di Beijing.

Untuk kendala bahasa tidak terlalu berarti karena memang bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar di sana tapi bagaimanapun juga mereka juga harus bisa beradaptasi pada lingkungan sekitarnya jadi kita berikan juga bekalan bahasa Mandarin sehari-hari sehingga mereka bisa beradaptasi dengan baik dan juga tentunya juga mengenai budaya setempat,tutup Arief.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending