WARTA | WARTA JAKARTA

Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat Indramayu Ikuti Pelatihan Hidroponik

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Wartajakarta.com-Tujuh orang Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat Indramayu mengikuti pelatihan penanaman dengan Metode Hidroponik bersama pemateri dari Mandiri Daya Insani. Pelatihan diadakan di Saung Apung, TK Al-Fatih, Desa Kertasemaya, Indramayu.

Sesuai namanya, hidroponik adalah cara bertanam menggunakan media air sehingga tidak memerlukan tanah atau area yang luas. Secara sederhana, hidroponik adalah metode budidaya tanaman dengan menggunakan air yang diperkaya dengan nutrisi, bukan tanah.

Bagi para peserta, pelatihan kali ini mampu menambah wawasan dan ilmu baru tentang cara menanam dengan metode hidroponik agar para fasilitator dapat memberikan wawasan kembali kepada masyarakat binaannya. Lastri, salah seoarang Fasilitator yang mengikuti pelatihan menuturkan bahwa selain menambah wawasan bagi yang suka berkebun, cara hidroponik ini juga dapat memberikan keuntungan bisnis yang lebih.

“Ya Bagus, menambah pengetahuan dan ilmu baru, terutama dalam hal media dan teknik bertanam, Dalam teori hidroponik media tanam yang standar membutuhkan dana yang tidak sedikit, tetapi ternyata bisa diakali dengan media dari daur ulang sampah. Hasil dari tanaman hidroponik dibanding demgan yang biasa ditanam di tanah, itu ternyata jauh lebih sehat dan lebih cepat pertumbuhannya, secara bisnis juga memberikan keuntungan yang lebih lebih besar dibandingkan demgam cara bertanam yang biasa.” Ujarnya.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending