WARTA | NASIONAL

Indonesia Tetap Berkomitmen Atasi Perubahan Iklim Global

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Penanganan perubahan iklim dunia agak terganggu dengan mundurnya Amerika Serikat dari kesepakan penanganan perubahan iklim global. Sebagai negara besar dan pencetus gerakan penanganan perubahan iklim global langkah drastis yang diambil Presiden USA Donald Trump sontak menggagetkan dunia.

Indonesia sebagai salah satu negara yang ikut dalam kelompok negara negara yang menjaga dunia dari dampak perubahan iklim tidak terpengaruh dengan keputusan Amerika Serikat tersebut dan tetap berkomitmen menjalankan program program yang telah ditetapkan untuk menjaga dunia dari dampak perubahan iklim

Hal ini ditegaskan oleh para pakar lingkungan Hidup dalam diskusi Green Ramadhan di Kantor kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Rabu (17/06).

Menurut Sarwono, bagi Indonesia Perubahan iklim adalah sebuah keniscayaan dan Indonesia secara konstitusi memiliki kewajiban melaksanakan upaya-upaya pencegahan perubahan iklim bagi kepentingan masyarakat dan bangsa ini.

Perubahan iklim yang dipicu “produksi” gas rumah kaca dari aktivitas manusia mendorong Perjanjian Paris mengamanatkan pelaksanaan Nationally Determinded Contribution (NDC) yang berisi rencana mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di setiap negara anggota, termasuk Indonesia. Ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam menjalankan pencegahan perubahan iklim, namun menurut Sarwono Kusumaatmadja, Indonesia harus optimis bahwa kita mampu untuk melakukan pencegahan.

Sementara itu Christophe Bahuet (Country Director UNDP) menyatakan Indonesia punya posisi yang penting dalam perubahan iklim, karena isu perubahan iklim ini memerlukan integrasi seluruh sektor, khususnya isu pembiayaan (financial), Indonesia perlu memikirkan caranya mengembangkan pola pembiayaan atau green financial dari sektor publik tapi juga mengembangkan pembiayaan hijau ini ke sektor-sektor privat.

Disinilah perlunya peran dan kontribusi dari dari semua lapisan masyarakat. Pemerintah cq Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak bisa sendirian menjalankan apa apa yang harus dilakukan Indonesia dalam penanganan perubahan iklim perlu ada penanganan lintas sektoral, lintas kementerian, dukungan pemerintah daerah, dunia usaha dan tentunya partisipasi masyarakat luas

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending