WARTA | WARTA JAKARTA

Bidik Investor,Pemerintah Kabupaten Pandeglang Gelar Forum Bisnis Investasi Pariwisata

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Wartajakarta.com- Pandeglang, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Banten, Indonesia.Ibukotanya adalah Pandeglang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Serang di utara, Kabupaten Lebak di Timur, serta Samudra Indonesia.

Pusat perekonomian Kabupaten Pandeglang terletak di dua kota yakni Kota Pandeglangdan Labuan. Sebagian besar wilayah Kabupaten Pandeglang merupakan dataran rendah dan dataran bergelombang.Terdapat sekitar 22 tempat wisata yang patut dikunjungi.


Dalan rangka mempromosikan daerah wisata dengan kekayaan budaya dan alamnya , Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten tengah gencar melakukan berbagai promosi guna menarik investasi baru untuk menyokong pertumbuhan ekonomi.

Lewat sebuah acara forum bisnis ‘Investasi Pariwisata’ pihaknya berharap menjadi ajang promosi dan peluang bisnis di wilayah Pandeglang kepada investor.
Berkaitan dengan itu,dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan ajang Festival Pesona Tanjung Lesung yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-24 September 2017.

“Forum bisnis yang dilaksanakan pemerintah daerah Pandeglang ini diharapkan bisa menjadi ajang penjajakan bagi investor lokal maupun maupun asing yang tertarik menanamkan modal di Kabupaten Pandeglang,” kata Bupati Pandeglang Irna Nurlita di President Lounge Menara Batavia, Rabu (20/9/2017).

Lebih lanjut ia menjelaskan dengan adanya KEK Tanjung Lesung akan menjadi salah satu destinasi wisata favorit dan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. Tentunya dibarengi dengan beragam kegiatan yang diadakan di Tanjung Lesung akan mengangkat wisata bahari yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Pihaknya secara terus menerus bersinergi dengan Pemprov Banten begitu pula pengelola KEK Tanjung Lesung untuk percepatan destinasi wisata sehingga mampu mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara,"Hingga akhir tahun ini kami memiliki target kunjungan wisatawan bisa mencapai
1 juta wisatawan,” ujarnya

"Kami sangat optimistis, kerjasama dengan pemerintah pusat, melalui kementerian terkait akan melaksanakan pembangunan jalan tol sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan."Saya sangat berharap agar pembangunan jal tol Serang –Panimbang sudah bisa dimulai pada bulan Oktober 2017 ini,” ujarnya.

Direktur Utama PT Banten West Java pengelola kawasan Tanjung Lesung, Poernomo Siswoprasetijo menyampaikan pihaknya selaku pengelola Tanjung Lesung bersama Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang siap menyukseskan festival Pesona Tanjung Lesung dan Rhino X- Tri.

"Perhelatan ini juga untuk mengenalkan tidak hanya pesona keindahan alam dan budaya tanah Banten yang memesona dan kaya ragamnya, namun juga olahraga cross triathlon bagi masyarakat Indonesia dan mancanegara. Banten memiliki 7 Wonders of Banten yang patut diperkenalkan kepada wisatawan domestik dan mancanegara,” ujar Poernomo

Lebih jauh Poernomo menjelaskan bahwa pada Festival Pesona Tanjung Lesung tidak hanya juga akan digelar Sunset Trail Run dan MTB XCM, Festival Bebegig (orang-orangan sawah) dan Kolecer (kincir angin), bazaar kuliner khas Banten, pameran 7 Wonders of Banten serta Pandeglang 10K.

 Sementara itu, Managing Direktor Tanjung Lesung Rully Lasahido mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pandeglang dalam menggelar ‘Forum Bisnis Investasi Wisata’ Tanjung Lesung. Kendati demikian menurutnya, KEK Tanjung Lesung akan terbangun bila didukung buffer zone yang berada disekitar Pandeglang tersebut.

Kalau KEK itu dibangun stay alone misalkan oleh BWJ sendiri yah tidak akan terbangun zonasi wisata tersebut. Misalnya dibangun 500 kamar baru, namun tidak ada aktivitas yah buat apa mereka kemari. Karena itu perlu bersinergi antar Pemrov Banten, Pemkab dan BWJ untuk mewujudkan KEK Tanjung Lesung sebagai 10 Bali baru yang ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Pandeglang memiliki potensi yang sangat luar biasa dengan objek wisata laut dan gunung,taman hutan raya,untuk mempercepat akses ke berbagai tempat wisata kami melakukan perbaikan jalan,listrik dan membuka akses ke objek-objek wisata unggulan lainya,ujar Irna Nurulita.
Dengan adanya forum ini,kami menawarkan sumber daya alam yang sangat luar biasa,Harapan kami bisa mensukseskan 10 destinasi wisata nasional diantaranya Tanjung Lesung yang diharapkan oleh Pemerintah,bapak Presiden Jokowi,imbuhnya.


Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending