WARTA | RAGAM WARTA

Komang Wirawan, Dipl - Ing Deklarasikan Calon Ketua Perhimpunan Alumni Jerman 2017 - 2020

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

WartaJakarta.com-Jakarta

Di penghujung akhir Tahun 2017 Perhimpunan Alumni Jerman ( PAJ ) kembali akan menggelar Agenda Kongresnya untuk menentukan Ketuan PAJ periode berikutnya ,beberapa bakal calon Ketua Umum bersipa untuk mendeklarasikannya ,bertempat di Gedung Ir. H. M. Suseno kawasan Menteng Jakarta Pusat (Jum’at,6/10)  Komang Wirawan, Dipl. Ing yang merupakan lulusan Rheinisch Westfalische Technische Hochschule (RWTH) Aachen di bidang Proses Engineering, juga turut deklarasikan dihadiri tamu undangan dari berbagai latar belakang pendidikan alumnus Jerman .

Sebagai profesi nirlaba, PAJ telah membangun Poros Indonesia Jerman dengan mempersiapkan data-data WNI lulusan sekolah di Jerman, lengkap dengan spesifikasi atau keahlian yang dimiliki serta posisi saat ini.

Data seperti itu selama ini sangat diperlukan oleh perusahaan Jerman yang ingin beroperasi di Indonesia. Lebih dari itu ternyata data tersebut berpotensi sebagai solusi masalah pembangunan Indonesia yang kini tengah dilakukan.

Potensi segenap anggota PAJ saatnya digunakan secara optimal untuk pembangunan bangsa. Masalah teknis dan birokrasi yang selama ini membelit anggota PAJ sebaiknya mendapat perhatian khusus dari pemerintah dengan pendekatan asas manfaat dan debirokratisasi terkait administrasi pendidikan lulusan Jerman. Hingga saat ini masih banyak WNI lulusan atau alumni Jerman yang tidak dapat berkarya di Tanah Air karena hambatan birokrasi.

Karena hambatan tersebut, tenaga ahli itu berkarya dan bekerja di negara lain utamanya di negara tetangga. Seperti ahli medis, dokter, bahkan doktor lulusan Jerman yang tidak dapat bekerja dan menyalurkan keahlian nya di Indonesia hanya karena aturan birokrasi yang kurang esensial.

Seperti ketentuan dokter lulusan Jerman yang harus mengikuti semacam ujian persamaan di Indonesia. Ditemui dalam Deklarasi, Komang menjelaskan visi yang akan dicanangkan apabila terpilih di kongres Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) periode 2017-2020 di Jakarta pada 3-4 November mendatang.

Ia akan menerapkan anggota PAJ sebagai stakeholder utama organisasi dan mendapatkan manfaat terbesar dari organisasi.

Sedangkan misinya adalah, Pertama Change berubah menjadi lebih baik, memfasilitasi anggota becoming your best dan go beyond.

Kedua, Sinergi bersinergi saling mendukung antar anggota dan antar generasi dalam karir maupun bisnis.

Ketiga Profesional memfasilitasi anggota mengasah diri sebagai seorang profesional.

Program unggulan dan yang akan rutin dilakukan jika terpilih, adalah PAJ Supermentor berupa menyelenggarakan acara yang akan menghadirkan Alumni Jerman maupun bukan yang kompeten dan menginspirasi untuk membagi pengalaman dan pengetahuan kepada Alumni – alumni Jerman

Komang saat ini juga aktif sebagai Business Development Leader PT UOP Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang Perminyakan, Gas dan Petrokimia juga sebagai Ketua 1 Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) periode 2016-2019.

Sedangkan Sekertaris Jenderal Ikatan Alumni Program Habibie Bimo Sasongko BSAE, MSEIE, MBA mengatakan ” Kami sangat mendukung Komang Wirawan terpilih menjadi ketua Perhimpunan Alumni Jerman periode 2017-2020 dengan program unggulan SuperMentor dan visi serta misinya yang akan menjadikan alumni sebagai stakeholder utama organisasi Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) di Kongres Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) mendatang.”



Penulis: Danytobing
Editor: Danytobing

Now Trending