WARTA | RAGAM WARTA

RIOP gelar Pameran Fotografi Yang Muda di Era Millenial

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA


WartaJakarta.com-Jakarta
 Ini adalah pertanyaan yang diajukan oleh fotografer fesyen RIOP pada 85 orang Indonesia dari berbagai macam bidang pekerjaan yang menjadi representasi dari “Yang Muda di Era Millennial”.

Proyek fotografi ini berawal dari keingingan RIOP untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, terutama kaum muda tentang identitas pribadi mereka sebagai orang Indonesia.

RIOP meminta agar jawaban atas pertanyaan yang ia ajukan terlepas dari hal-hal mutlak seperti tempat lahir, orang tua berasal dari Indonesia, tinggal di Indonesia dan lain-lain.

Sentuhan fesyen ia masukkan dengan mengajak beberapa label fesyen Indonesia seperti Sejauh Mata Memandang, F Budi, DGTMB by Eko Nugroho dan Pingpong Affairs dengan menjuxtaposisikan setiap subjek nya dengan tempat tempat yang biasa RIOP lalui di Jakarta, sekaligus berhubungan dengan jawaban masing – masing orang.

RIOP memilik visi untuk memperlihatkan bahwa semangat Sumpah Pemuda masih sangat tinggi terlihat pada kaum muda di Indonesia, walaupun terkadang mereka sendiri tidak menyadarinya. Ini terlihat dari jawaban-jawaban mereka yang sarat kepedulian untuk memajukan Indonesia.

Pada tahun 1928, Para kaum muda merasa jalan menuju kemerdekaan adalah melalui persatuan, oleh sebab itu mereka menyatakan ikrar untuk menjadi satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air.

Mereka juga mengeluarkan keyakinan persatuan Indonesia diperkuat dengan memperhatikan dasar persatuannya, yaitu:
1. Kemauan
2. Sejarah
3. Bahasa
4. Hukum Adat
5. Pendidikan dan Kepanduan.

Ketika RIOP mengerjakan project ini, ia menemukan bahwa di era sekarang ini, di mana bangsa kita yang sudah merdeka, para kaum muda lebih berfokus pada cara memajukan bangsa dengan cara mereka masing-masing.

Tidak semua orang menjawab pertanyaan RIOP dengan serius, khas generasi millenial yang bebas. Tapi banyak diantara mereka yang memperhatikan hal-hal seperti kemauan, sejarah, bahasa, sumber daya manusia, hukum adat dan pendidikan.  Hal ini adalah suatu hal yang cukup luar biasa. Setelah 89 tahun berlalu dan era di mana banyak kebudayaan luar yang berdatangan dengan kemasan budaya pop yang jauh lebih menarik dari budaya lokal tetapi semangat dan keyakinan mereka sebagai orang indonesia tetap sama.

Untuk menularkan semangat Sumpah Pemuda kepada generasi muda lainnya, RIOP mengadakan pameran foto ‘Yang Muda di Era Millenial’ di area Plaza Indonesia Level 4 yang berlangsung sepanjang bulan Oktober ini. Dengan memiliki kesamaan visi, RIOP menggandeng Plaza Indonesia dan berharap agar pameran foto tersebut dapat menginspirasi kaum muda lainnya.  “Plaza Indonesia bangga telah berkolaborasi dengan sosok yang bertalenta seperti RIOP dan kami berharap semakin banyak generasi muda yang melihat pameran ini untuk terus semangat dalam berkarya seperti 84 persona yang ditampilkan oleh RIOP,” ujar Zamri Mamat, General Manager Marketing & Communications PT Plaza Indonesia Realty, Tbk  ,Rabu (4/10) di Jakarta

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending