WARTA | RAGAM WARTA

Ajak Minat Masyarakat Berkunjung Ke Museum, Ikuti Lomba Media Jelajah Museum Total Hadiah 135 Juta

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Wartajakarta.com-Minat masdyarakat untuk berkunjung ke museum semakin berkurang atau mengalami penurunan,cenderung anak muda sekarang lebih senang datang ke tempat-tempat hiburan seperti nonton film atau tempat yang asyik untuk melakukan selfi sehingga bisa di sebar ke medos.

Melihat fenomena ini,agar minat generasi muda kembali tertarik untuk hadir ke museum, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka mendekatkan museum sebagai ruang publik edukasi sekaligus objek wisata kepada anak muda dengan mengadakan lomba dengan hadiah ratusan juta rupiah.

Bagi yang memiliki hoby gemar berkreasi menciptakan konten kreatif dalam bentuk blog, vlog dan foto. Hobi tersebut bisa kamu salurkan dengan mengikuti Jakarta Museum on Social Media Competition dan dapat berkesempatan meraih total hadiah sebesar 135 juta Rupiah.

Dengan mengusung tema besar “Gue, pengen museum di Jakarta jadi...”, setiap peserta bebas menuangkan ide dan kreativitasnya seputar harapan tentang museum-museum yang ada di Jakarta sesuai kategori yang dilombakan. Periode lomba berlangsung pada tanggal 16 Oktober - 26 November 2017 dan pemenang akan diumumkan pada awal bulan Desember 2017.

“Kami berharap melalui kegiatan ini masyarakat bisa ikut berpartisipasi mempopulerkan museum di Jakarta. Harapan positif generasi millennial terhadap museum di Jakarta yang dituangkan dalam kreativitas membuat blog, vlog dan foto, nantinya akan menjadi masukan bagi kami untuk lebih mengembangkan museum di Jakarta. Semoga museum di Jakarta bisa menjadi tempat wisata popular tidak hanya untuk wisatawan nusantara tapi juga untuk wisatawan mancanegara.” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Tinia Budiati.

“Instagram, Blog, Youtube dan media sosial lainnya telah menjadi tren di kalangan anak muda dan menjadi bagian dalam keseharian gaya hidup generasi millennial. Untuk mengikuti lomba ini kamu hanya perlu mengunjungi museum di Jakarta yang paling menarik perhatianmu dan rasakan pengalaman langsung saat berada di sana,’’imbuhnya.

Ciptakan konten positif mengenai pengalamanmu itu dan berbagilah di media sosial. Destinasi yang bisa kamu kunjungi antara lain Kawasan Kota Tua, Museum Prasasti, Museum Tekstil, ke dalam blog dengan maksimal 800 kata. Penambahan foto atau ilustrasi sesuai dengan tulisanmu akan menambah poin penilaian. Sementara untuk fotografi sertakan foto yang diambil menggunakan kamera digital (DSLR, pocket, mirrorless) atau smartphone dengan ukuran foto tidak melebihi 3 MB.


Jujuk Margono,Penggiat Media social Bidang Otomotif,kalau saya pribadi melihat acara ini sangat kren bagi yang suka bikin plog atau mengupload di medsos ini sangat positif disamping bisa terkenal karena hasil karyanya akan menjadi hak milik dari panitia juga akan mendapatkan hadiah sampai ratusan juta rupiah.

‘’Ini acara yang sangat baik guna mendapatkan informasi dan masukan dari masyarakat tentang keberadaan museum saat ini dan seperti apa yang diharapkan disamping itu masyarakat ikut memberikan masukan demi kemajuan museum, diharapkan dengan adanya lomba ini bisa memberikan hal yang positif buat anak muda yang suka menggunakan medos dan meng- upload hasil karyanya di media sosial,tuturnya.

Karya yang dilombakan wajib bersifat orisinal dan terbaru. Tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya serta belum pernah memenangkan lomba sejenis. Setiap karya harus sesuai dengan norma sosial dan tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan ataupun pelecehan terhadap SARA dan tidak melanggar hukum/aturan yang berlaku.

Setiap peserta lomba harus melakukan registrasi dan mendaftarkan karyanya ke ke www.jakarta-tourism.go.id/jakmuseum. Peserta wajib menyertakan tagar #enjoyjakarta, #enjoyjakmuseum, dan #jakartatourism dalam setiap karya yang dilombakan. Selain mendaftar di website, hasil lomba dikirimkan juga ke e-mail : jakmuseum@jakarta.go.id. Untuk kategori fotografi, peserta juga bisa mengirimkan CD kepada panitia penyelenggara dengan menyertakan nama, alamat, email dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan serta mekanisme perlombaan, peserta dapat mengunjungi www.jakarta-tourism.go.id/jakmuseumHadiah Lomba
Total: Rp 135.000.000
Kategori Video Blog (Vlog)
Juara I : Rp. 20.000.000
Juara II : Rp. 15.000.000
Juara III : Rp. 10.000.000
Harapan I : Rp. 5.000.000
Harapan II : Rp. 3.000.000
Harapan III : Rp. 2.000,000

Kategori Blog
Juara I : Rp. 15.000.000
Juara II : Rp. 11.000.000
Juara III : Rp. 8.000.000
3 orang juara harapan: @ Rp. 2.000.000

Kategori Fotografi
Juara I : Rp. 15.000.000
Juara II : Rp. 11.000.000
Juara III : Rp. 8.000.000
3 orang juara harapan: @ Rp. 2.000.000

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending