WARTA | TEKNO

Blockchain Zoo Dengan Teknologi Yang Luas Dan Banyak Aplikasi

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Saat ini blockchain sedang menjadi salah satu solusi dalam tren teknologi karena dianggap mampu mengefisiensi sebuah sistem informasi konvensional jadi memudahkan segala aktivitas baik perbankan maupun lini industri lainnya.

Belum banyak orang yang memahami tentang blockchain termasuk para pelaku usaha,Banyak orang masih berpikiran bahwa antara blockchain dan bitcoin ada kesamaan. Padahal yang sebenarnya bitcoin adalah blockchain, tapi blockchain bukanlah bitcoin.

Menurut Pandu Sastrowardoyo, Chairwoman of the Board of Directors Blockchain Zoo,ditemui di Jakarta,Rabu (6/12/2017),mengatakan,”“Blockchain adalah teknologi yang luas pemahamanya dan banyak aplikasi didalamnya bukan hanya bitcoin semata dan cryptocurrency seperti bitcoin itu hanya secuil kecil dari potensi blockchain.

“Blockchain memiliki 4 sistem yang dapat menjadi solusi pilihan seperti consulting firm, decentralized assosiation, Blockchain school, and platform of project,tuturnya.
Beberapa waktu lalu, Blockchain Zoo bersama-sama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan Pelatihan Pengelolaan Kinerja Lembaga Keuangan yang pada acara tersebut juga diikuti 26 BPD dibawah Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda).

“Blockchain Zoo memperkenalkan sebuah kombinasi teknologi yang dapat memberikan value berupa auditable, resilent, dan decentralization system. Dimana sangat membantu dalam berbagai sistem melalui teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dari sebuah institusi,”ujarnya.

Blockchain Zoo, adalah sebuah perusahaan konsultan IT yang berkantor di Bali. Perusahaan asli Indonesia ini memfokuskan diri dalam pengembangannya pada blockchain di dunia usaha tanah air dari mulai Small Medium Enterprise (SME) hingga pemerintahan dan juga perbankan serta rumah sakit.

Blockchain Zoo, basis data global online yang bisa dipakai siapa saja di seluruh dunia yang terkoneksi internet. Tak seperti basis data lain yang biasanya dimiliki oleh institusi tertentu seperti bank atau pemerintah, Blockchain justru bukan milik siapa-siapa. Membuatnya lebih transparan karena bisa diakses oleh siapa saja.

“Blockchain juga dapat digunakan oleh berbagai sektor atau industri lain yang membutuhkan proses pencatatan dan validasi. Intinya, blockchain bukan hanya untuk perbankan, bahkan untuk berbagai industri lainnya, termasuk asuransi dan data BPJS," terangnya.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending