WARTA | NASIONAL

Blockchain Dapat Diterapkan Di Bank Pembangunan Daerah Dan BPR

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Wartajakarta.com-Blockchain teknologi di balik bitcoin atau cryptocurrency merupakan sebuah topik pembicaraan yang cukup hangat di dunia dan juga di Indonesia. Sebagai sebuah teknologi potensi dari Blockchain sebenarnya jauh melebihi kepopuleran dari bitcoin.

Blockchain merupakan sebuah sistem distributed ledger yang terdesentralisasi dan terenskripsi. Hal itu menjadikan Blockchain sebagai sebuah pilihan ideal yang memungkinkan pihak pihak yg memiliki kepentingan berbeda untuk dapat bekerja sama dalam sebuah sistem bersama.

Menyadari hal itu, Bapak Roberto Akyuwen Analis Eksekutif Senior pada DKB IV-OJK, melihat potensi dari teknologi Blockchain yang dapat diterapkan ke bank bank Pembangunan daerah dan bank bank perkreditan rakyat.

Roberto Akyuwen melihat untuk dapat bersaing dengan bank bank besar, maka merupakan suatu keharusan bagi bank bank pembangunan daerah untuk merangkul teknologi baru dan revolusioner seperti Blockchain.

Untuk mewujudkannya bapak Roberto merencanakan untuk menemukan Blockchain Zoo dengan pimpinan dari 27 Bank Pembangunan Daerah.

Bapak Fithri Hadi, Direktur Digital Finance Innovation Group OJK menambahkan teknologi itu dibutuhkan untuk menambahkan valuer dan mengurangi cost dari institusi finansial. Blockchain dipercaya sebagai sebuah teknologi yang mampu meningkatkan service level agreement tanpa mengganggu sistem inti perbankan yang berbeda.

Chairwoman of Board Director Blockchain Zoo, Pandu W Sastrowardoyo mengatakan, teknologi ini dapat memberikan transparansi dan efisiensi. Mudahnya, Indonesia butuh blockchain karena punya banyak kelebihan.

Menurut Pandu, Blockchain Zoo merupakan perusahaan asli Indonesia yang memiliki kantor pusat di Bali. "Kami adalah satu-satunya consulting company di Indonesia yang hanya fokus di blockchain consulting, secara technologically agnostic, dan sama sekali tidak bermain di cryptocurrency dan trading," jelasnya.

Menjawab tantangan tersebut, Blockchain Zoo sebagai sebuag konsultan IT berbasis Blockchain berkomitmen tidak hanya untuk memberikan layanan dan service berbasi Blockchain namun juga membangun ekosistem dan sumber daya manusia dalam bidang Blockchaib di Indonesia, sehingga Indonesia dapat menjadi pelopor dalam teknologi Blockchain.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending


Warning: unlink(error_log): No such file or directory in /home/beritanu/wartajakarta.com/media1.php on line 735