WARTA | WARTA JAKARTA

Awal Tahun Unindra Berhasil Luluskan 1.288 Wisudawan

WARTAJAKARTA / ISTIMEWA

Wartajakarta.com- Universitas Indraprasta PGRI (Unindra)kembali mengadakan wisuda kali ini yang ke-61 dan sekaligus wisuda dalam semester tahun akademik 2017/2018 Bertempat di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah Jakarta ,diikuti oleh 1.288 wisudawan, terdiri atas 505 lulusan program Strata Satu (S1) dan 783 lulusan program Strata Dua (S2).


Rektor Unindra merangkap Senat Universitas, yakni Prof. Dr. H. Sumaryoto dalam sambutannya mengatakan," dari 1.288 Wisudawan, terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan & Pengetahuan Sosial (FIPPS) untuk Program Studi Bimbingan dan Konseling (S1) 46 orang, Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1) 76 orang dan Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) 10 orang.

Fakultas Teknik, Matematika & IPA (FTMIPA) untuk Program Studi Pendidikan Matematika (S1) 41 orang, Program Studi Pendidikan Biologi (S1) 1 orang dan Program Studi Pendidikan Fisika (S1) 7 orang.

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) 63 orang, Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (S1) 28 orang, dan Program Studi Desain Komunikasi Visual (S1) 49 orang.

Fakultas Teknik Informatika dan Komputer (FTIK) Program Teknik Informatika (S1) 140 orang, Program Teknik Industri (S2) 28 orang dan Program Teknik Arsitektur (S1) 16 orang.

Fakultas Pascasarjana Magister Pendidikan Program Magister Pendidikan MIPA (S2) 266 orang, Program Magister Pendidikan IPS (S2) 210 orang, Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (S2) 123 orang dan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (S2) 184 orang.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan,Wisuda ke-61 ini adalah wisuda yang pertama untuk periode semester gasal 2017/2018. Ini merupakan prestasi yang menggembirakan bahwa untuk semester kali ini berbeda karena mahasiswa S1 adalah mahasiswa yang bersifat pindahan (transfer) sehingga jumlahnya lebih sedikit, mulai bulan September-November 2018 akan ada wisuda semester genap mencapai lebih dari 6.000 lulusan.

" Pada prinsipnya lembaga pendidikan tinggi itu agar bisa membina kualitas dengan baik tentunya harus dimulai dari konsistensi melaksanakan peraturan yang diatur dalam UU No.12 Tahun 2012. Ini sebagai pijakan untuk membina dan mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia."

Pada kali ini juga ada yang berubah, yang biasa ada di panggung ini adalah anggota Senat, ini sebagai konsekuen dan Konsisten dengan peraturan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sekarang yang ada di panggung ini adalah para pimpinan akademik yang terdiri atas para rektor dan wakil rektor, para dekan dan wakil dekan, dan ketua program studi. Hal ini baru dimulai di wisuda ke-61.

Untuk struktur organisai Unindra juga mengalami perubahan, nantinya ada lima Fakultas. Ini sesuai dengan tuntutan akreditasi perguruan tinggi. Fakultas yang baru adalah Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang sebelum tergabung menjadi Fakultas Teknik dan MiPA. Oleh karena itu susunan wisudawan dan struktur akademik juga sama ada lima Fakultas.

Ada Beberapa hal terkait dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. Pertama dibidang Akademi, Unindra sudah mulai melaksanakan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) yang sudah kita tetapkan mulai akhir Desember 2017 lalu.

Semua SOP yang diperlukan sudah kita tetapkan dan sekarang sudah kita mulai sesuai dengan jalur yang sudah ditetapkan dalam SNPT termasuk memecah Fakultas, mengatur bebrapa hal yang berkaitan dengan SNPT.

Kita juga sedang menunggu akreditasi perguruan tinggi. Kita sedang menunggu Visitasi, Visitasi disini pada prinsipnya adalah mencocokkan data dengan fakta yng dilakukan oleh para asesor.

Proses belajar mengajar yang kita laksanakan juga bertanggung jawab dengan indikator yang jelas dan prestasi menjadi juara nasional yang berada pada posisi lima besar perguruan tinggi di Indonesia. Ini prestasi yang luar biasa.


Walaupun sudah mempunyai tujuh unit gedung yang tersebar di dua kampus yaitu kampus A dan kampus B, Unindra masih terus membangun. Akan dibangun segera gedung unit delapan sebanyak enam lantai, dan ini dalam proses ijin mendirikan bangunan untuk menambah fasilitas belajar mengajar.


Rektor mengucapkan selamat kepada saudara saudari sekalian yang akan diwisuda menjadi sarjana dan magister tentunya dengan suatu tuntutan bisa beradaptasi di masyarakat, bisa menunjukkan performance yang baik. itu juga suatu tanda kita memberikan amal bakti pada almamater dengan cara menjaga dan menjunjung tinggi nama baik almamater.

Rektor memohon doa restunya mulai dari pimpinan besar, pimpinan Yayasan, pengurus daerah, Dewan kurator, dan segenap sivitas akademika, dosen dan mahasiswa mohon do’anya akreditasi Unindra bisa sukses dan berhasil meraih predikat yang diharapkan.

Kita juga sudah meningkatkan akreditasi satu program studi yaitu desain komunikasi visual yang tadinya gradenya B sekarang mendapat Grade A. Ini suatu indikasi bahwa Unindra juga tegak konsisten dan berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kualitas akademik dan proses belajar mengajar walaupun masih banyak keterbatasan yang kita hadapi.

Sedangkan untuk masalah dosen kita sudah merampungkan, semua dosen Unindra sudah minimal S2 dan sekarang sedang proses mingkatkan kualifikasi pendidikan S2 menjadi S3.







Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Now Trending