Connect with us

Gaya Hidup

Cara Mudah Hidup Minim Sampah ala Atiit

Wartajakarta.com-Tidak ada sampah yang benar-benar menghilang jika Anda membuang sampah. Sampah akan berakhir pada suatu tempat, bisa di lautan maupun tempat pembuangan sampah. Sampah tersebut juga akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan hidup kita. Mencoba bertanggung jawab dengan sampah, tidak hanya membuang sampah di tempat yang seharusnya, tapi bisa dimulai dengan mengurangi sampah tersebut dari sebelum kita akan membeli suatu barang.

Astri Puji Lestari atau yang biasa dikenal sebagai ‘Atiit’, salah satu influencer yang kerap dikenal dengan hidup minim sampah, akan berbagi 7 waste-hierarchy yang diterapkan oleh Atitt dalam kehidupannya sehari-hari.

  1. Re-Think

Cari tahu barang apa saja yang kita konsumsi. Persiapkan apa saja list barang yang akan Anda beli sebelum belanja.  Sehingga pada saat belanja nanti, Anda hanya akan beli yang Anda butuhkan dan tidak berlebihan.

  1. Refuse

Kita bisa menolak diawal segala sesuatu yang sebetulnya tidak kita butuhkan. Contohnya, saat makan di sebuah restoran kita bisa tolak pada saat diberikan sedotan plastik. Lainnya, misalkan kita order makanan melalui online, kita bisa minta tidak menggunakan sendok ataupun garpu plastiknya.

  1. Reduce

Kita mengurangi daya konsumsi sampah kita. Contoh, misalkanAnda suka sekali dengn cokelat, yang tadinya kamu konsumsi sebulan mungkin bisa 10 kali, Anda bisa kurangi menjadi 7 kali saja. Tidak perlu ekstrim, sedikit demi sedikit saja.

  1. Re-Use

Menggunakan ulang barang yang tidak bisa kamu kurangi konsumsinya. Contohnya, seperti botol susu almond yang saya gunakan. Botol susu tersebut akan saya lepas labelnya dan dipergunakan sebagai botol kemasan lain.

  1. Recycle

Banyak orang yang berpikir bahwa dengan sesering mungkin kita melakukan recycle, itu artinya kita sudah melakukan hal yang baik untuk lingkungan. Padahal sebaiknya kita bisa refuse diawal dan recycle ini adalah pendukungnya saja. Dirumahku sendiri, aku bagi pembuangan sampah menjadi 9 bagian.

  1. Re-Plant / Re-Root

Sebanyak 60 % sampah yang kita hasilkan berasal dari sampah organik. Sebetulnya, kita bisa melakukan hal yang lain dari sampah organik ini, seperti yang biasa aku lakukan dirumah adalah ‘re-root’, dimana sampah organik ini aku pergunakan untuk pembuatan kompos.

  1. Residu

Residu ini merupakan material yang belum bisa di recycle. Untuk saya pribadi, biasanya saya kumpulkan material tersebut, lalu saya donasikan ke tempat yang bisa mengkreasikan material tersebut menjadi sebuah barang, contohnya seperti pouch plastik.

Dengan diterapkannya 7 waste-hierarchy ini, kita dapat meminimalisir sampah dalam kehidupan sehari-hari kita. Untuk selengkapnya, Anda dapat menyaksikan video tips dari Atiit pada tautan berikut https://www.youtube.com/watch?reload=9&v=yOoYRH8VO2Y&feature=youtu.be atau kunjungi instagram @indonesianoceanpride .

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup