Connect with us

Nasional

DANLANTAMAL III JAKARTA IKUTI RAKOR DAN RAKERNIS POTMAR TAHUN 2022 DI BALI

Wartajakarta.com- Komandan Pangkalan Utama TNI AL III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., C.H.R.M.P., M.Tr. Opsla., M.Han. mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Potensi Maritim (Potmar) tahun 2022 yang dibuka Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) 2, Pengambengan, Jembrana Regency, Bali, belum lama ini.

Rakor dan Rakernis Potmar TNI Angkatan Laut yang digelar selama dua hari sejak 11 Mei 2022 kali ini mengangkat tema “Insan Potmar yang Profesional dan Tangguh Siap Mendukung Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural”.

Menurut Kasal dalam kegiatan tersebut dikatakan, TNI Angkatan Laut adalah bagian dari sistem pertahanan negara yang bersifat semesta dengan jati dirinya sebagai tentara rakyat. oleh karena itu, harus mampu menyatu dan manunggal dengan segenap komponen bangsa, khususnya yang berkorelasi langsung dengan aspek kemaritiman dan pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Laut yang tercantum dalam Undang-Undang TNI untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

“Program-program Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) berskala nasional dan menjadi ikon keberhasilan tugas Pengendalian Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) adalah aksi nyata melalui kolaborasi dengan semua pihak untuk pemberdayaan menuju masyarakat pesisir dan kepulauan yang sejahtera, sehingga disinilah kehebatan TNI Angkatan Laut membangun kejayaan Nusantara dari pesisir,” pungkas Yudo.

Program kegiatan Dawilhanla dan Binpotmar di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut sebagai solusi nyata bagi permasalahan masyarakat, khususnya pemulihan ekonomi pasca-pandemi, kelestarian lingkungan laut serta penguatan masyarakat pesisir dan kepulauan dalam program jangka panjang yang berkelanjutan dan bukan seremonial belaka.

Danlantamal III Jakarta mengatakan,” Dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional, saat ini Lantamal III memiliki beberapa program yang telah dilaksanakan dan akan terus dikembangkan yaitu dengan membangun Kampung Bahari Nusantara yang kegiatannya meliputi peningkatan pendidikan masyarakat pesisir, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat nelayan, peningkatan ekonomi masyarakat pesisir, dijadikannya wilayah pesisir sebagai destinasi wisata yang menarik sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan pemerintah daerahnya serta memperkuat ketahanan wilayah dengan membangun sejak dini rasa cinta tanah air dan bangsa Iandonesia,” pungkas Farouq,

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional