Connect with us

Ragam

Depipus Gerakan Perempuan SOKSI Bersama Koperasi KWSI Melahirkan Pengusaha Kuliner Millenial

 

WartaJakarta.com-Jakarta

Ketua Umum DEPIPUS GERAKAN PEREMPUAN SOKSI, Ade Nurlia Ningsih, SE., yang dikenal dengan sebutan Mpok Lia, turun langsung terkait peluncuran Program Bimbingan Tekhnis untuk pemberdayaan masyarakat, khususnya Ibu – Ibu Rumah Tangga.

Sebagai pilot project, program ini dilaksanakan untuk 3 (tiga) Kecamatan yang berada di Kota Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta, yaitu Pulo Gadung, Matraman dan Cakung.

Mpok Lia ditemui kemarin sore saat pelaksanaan pertemuan tekhnis dengan Bapak Ir. Charles Kosasih selaku Ketua Koperasi Karyawan Swadiri Indonesia dan Bapak E. Fani Shuranta Bangun selaku Executive Chef dan Operasional Ai Sushi sebagai sponsor tunggal dalam pelaksanaan Bimbingan Tekhnis ini.

Mpok Lia, berpendapat bahwa pada era saat ini, di zaman milenial, masyarakat wajib dan harus mau maju dalam mengikuti perkembangan tekhnologi atau IT.

Hal itulah yang membuat Mpok Lia tergerak untuk meluncurkan program berbasis kuliner, yaitu melaksanakan “Pelatihan dan Bimbingan Teknis dalam dunia usaha kuliner” saat ini khususnya kuliner dari Negeri Sakura.

Dalam pelaksanaan kegiatan program ini Mpok Lia dibantu Oleh Koperasi Karyawan Swadiri Indonesia yang memayungi sisi hukum pengolahan anggaran dan atau dana KUR khusus untuk UMKM di Jakarta Timur.

Juga sesuai dengan materi yang akan disajikan, yaitu kuliner dari negeri Jepang, oleh karena itu Mpok Lia mengambil kebijakan untuk menggandeng Resto Ai-Sushi sebagai pemateri tunggal dalam BimTek ini.

Untuk membangun karakter bidang pengembangan ekonomi masyarakat yaitu, dengan cara turut ikut serta mengikuti program ini, agar berkembang, tidak tergilas oleh persaingan dunia usaha yang sama.

Masyarakat umum khususnya Ibu-ibu Rumah Tangga, yang masih mau berkarya diharapkan untuk tetap berusaha dan semangat dalam mengembangkan dirinya.

“Program Bimbingan Tekhnis Pengusaha Kuliner Millenial, akan dilaksanakan pertama kali di Kecamatan Matraman, Kelurahan Pisangan Timur, Jakarta Timur”, tegas Mpok Lia, yang rencananya akan ada 60 kelompok, satu kelompok terdiri dari 2 orang.

Berarti dalam satu kegiatan akan terlahir 120 pengusaha Kuliner Millenial yang berkomitment untuk terus berusaha menjadi Pengusaha Millenial yang terencana dan maju.

Untuk kelurahan-kelurahan lainnya akan dilaksanakan juga program serupa.

“Program Pelatihan dan Bimbingan Teknis untuk Pengusaha Kuliner Millenial ini, akan dijalankan secara kontinue dan intens, sehingga dapat melahirkan pengusaha-pengusaha kuliner millenial” Tandas Mpok Lia sekali lagi.

“Jika dalam satu kegiatan BimTek ada 120 Calon Pengusaha dan kegiatan ini akan dilaksanakan seminggu dua kali di kelurahan yang berbeda, maka dalam waktu sebulan lahir 960 pengusaha kuliner millenial, anggap hanya 30% yang memiliki kemauan yang kuat, yaitu 288 pengusaha dikalikan 12 bulan, maka ada 3456 Pengusaha Kuliner Millenial”. Lugas Mpok Lia.

“Setelah badai covid 19 ini, sektor pengusaha UMKM lah yang turut berjasa dalam menopang perekonomian masyarakat, yuks sama sama sukseskan program BimTek ini”, ajak Mpok Lia diakhir acara.

Semoga Mpok Lia dapat menularkan keinginannya kepada Mpok Mpok lainnya, untuk berkarya disetiap momentum.

Selamat Hari Ulang Tahun SOKSI Ke-62, kami Perempuan-perempuan Indonesia hadir untuk terus BERKARYA bagi bangsa dan negara. Maju Terus Pantang Mundur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ragam