Connect with us

Gaya Hidup

Permudah Jalur Masuk Wisatawan Asing, Singapura Jadi Tempat Sempurna untuk Acara MICE 

Wartajakarta.com-Selama pandemi semua sektor di Singapura bergerak cepat untuk beradaptasi dengan kondisi yang menantang dengan menciptakan dan menyediakan fasilitas canggih yang mendukung sektor MICE.

Hal ini  memungkinkan para pebisnis untuk bertemu secara langsung dengan aman. Sementara peserta lain dari seluruh dunia masih dapat terhubung melalui teknologi.

Teknologi dan inovasi ini juga telah membantu Singapura mendapatkan kembali kepercayaan para pebisnis dan pemimpin di seluruh dunia.

Beberapa acara MICE berskala besar yang diselenggarakan pada masa pandemi di antaranya  ITB Asia 2020, Asia Pacific Maritime 2020, Singapore Airshow 2020, Medical Fair Asia 2020, dan Asia TV Forum 2021. Tercatat dari Juli 2020 – Januari 2021, ada 50 acara MICE yang digelar secara hibrida atau virtual berhasil diselenggarakan di Singapura. 

Sampai akhir November 2021, dikutip dari The Straits Times tercatat tidak ada kasus COVID-19 baru dari acara MICE di Singapura. 

Salah satu acara MICE besar yang berhasil dijalankan adalah Travel Revive Singapore Tourism Board dan ITB. Travel Revive adalah pameran dagang internasional besar pertama di Asia Pasifik. Acara ini diselenggarakan di Sands Expo & Convention Center, mendatangkan 1.000 orang, termasuk 65 delegasi asing dari 14 negara. 

Selain itu, acara besar yang baru-baru ini berhasil diselenggarakan adalah Bloomberg New Economy Forum 2021 yang digelar dari 16-19 November 2021.

Acara hibrida yang menghadirkan tokoh terkemuka dan pengusaha dunia ini berhasil mendatangkan 400 delegasi ke Singapura.

Pengalaman akan penyelenggaraan berbagai cara MICE berskala internasional selama pandemi, membuat Singapura dapat menjadi pilihan terpercaya bagi Anda yang ingin menyelenggarakan acara atau melakukan perjalanan bisnis.

Berikut ini berbagai penawaran di Singapura yang menjadikannya kota terbaik di dunia untuk melaksanakan perjalanan MICE: 

Memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) 

Teknologi Augmented Reality (AR) yang awalnya terkenal karena permainan Pokemon GO, kini menjadi andalan banyak penyelenggara acara MICE di Singapura. 

AR memungkinkan penyelenggara MICE untuk menyampaikan pesan lebih jelas dan level berbeda daripada telekonferensi biasa. 

Dengan AR, peserta MICE dapat merasakan layaknya ikut serta di lokasi langsung dengan tampilan pembicara dan lokasi acara yang berkualitas tinggi. 

Semua sudut lokasi acara juga terekam dan tersampaikan, sehingga peserta acara memiliki interaksi dua arah. 

Marina Bay Sands Expo and Convention Centre adalah salah satu lokasi MICE di Singapura yang memiliki ruang rapat terbesar dengan studio siaran hibrida. Studio ini menggabungkan fungsi virtual reality, augmented reality, dan extended reality.

Acara MICE yang sukses diselenggarakan di Marina Bay Sands Expo and Convention Centre, di antaranya Travel Revive dari STB dan ITB, 7th World One Health Congress, Singapore International Jewelry Expo (SIJE), Global Trade Review Asia (GTR Asia), dan masih banyak lagi. 

 

Teknologi nirkontak baru dari Changi Airport Group untuk keamanan wisatawan dan pebisnis

Perjalanan melalui udara adalah proses yang biasanya akan dilalui oleh pebisnis dan wisatawan MICE. 

Changi Airport Group untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan wisata dan MICE, beradaptasi dengan kondisi pandemi dengan melakukan inovasi menghadirkan teknologi nirkontak dan pembersih yang inovatif. 

Mereka memasang sensor jarak baru di mesin otomatis, agar wisatawan tidak perlu menyentuh layar saat harus check-in atau menaruh bagasi mereka. 

Sensor inframerah akan memudahkan wisatawan untuk memasukkan detail perjalanan tanpa perlu menempelkan jari ke layar. 

Layanan nirkontak juga merambah bagian imigrasi. Sistem biometrik baru menggunakan teknologi pengenalan wajah dan mata semakin digencarkan untuk verifikasi identitas. 

Teknologi ini menggantikan pemindaian sidik jari yang membutuhkan kontak fisik.  

Changi Airport Group juga menghadirkan robot pembersih dan disinfektan otomatis untuk mengurangi kontak manusia. 

Fasilitas untuk menjamin keamanan wisatawan, seperti LED ultraviolet-C (UV-C) untuk mendesinfeksi pegangan tangan eskalator dan elevator juga sudah teruji. 

 

Teknologi pelacakan Covid-19 melalui TraceTogether

Salah satu kunci pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 adalah melalui pelacakan (tracing) kontak yang ketat. 

Singapura, melalui sistem terpusat TraceTogether menyelenggarakan pelacakan kontak melalui aplikasi smartphone. 

Lebih dari 90 persen penduduk Singapura bergabung dalam aplikasi TraceTogether sejak aplikasi dirilis pada Maret 2020, tepatnya pada awal pandemi. 

Aplikasi pelacakan kontak virus Covid-19 ini adalah yang pertama di dunia dan menginspirasi banyak negara lainnya untuk membuat aplikasi dengan fungsi serupa. 

Bagi wisatawan wisata atau pebisnis MICE, aplikasi ini juga terhubung akan SafeEntry yaitu sistem check in digital saat masuk ke Singapura. 

Anda akan diidentifikasi melalui data diri, nomor handphone yang terhubung dengan hotspot, dan acara publik seperti acara MICE. 

Melalui sistem ini, Anda tidak perlu repot mengingat tempat Anda singgah selama di Singapura dan mencegah tertular Covid-19 dari sebuah kluster. 

Bagi manula dan anak-anak yang tidak memiliki smartphone, pemerintah Singapura juga menyediakan token otomatis bernama TraceTogether Token. 

Pencegahan penularan virus Covid-19 juga dilakukan pemerintah Singapura melalui upaya SG Clean yang menjamin standar kebersihan di tempat umum dari berbagai industri, termasuk industri MICE, pariwisata, dan layanan makanan.

SG Clean dibuat untuk keamanan dan kenyamanan semua orang, termasuk Anda yang berkunjung ke Singapura khususnya pada masa pandemi  Covid-19. Saat ini jumlah penerima vaksin di Singapura mencapai lebih dari 85 persen dari populasi. 

Dengan berbagai faktor di atas perjalanan MICE Anda di Singapura dapat lebih terjamin dari segi keamanan dan kenyamanan. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup