Connect with us

Teknologi

Setahun Berjalan, RenovAsik.com Bantu Penghidupan Mandor Bangunan

JAKARTA – Setelah meluncurkan platform digital untuk renovasi rumah dan bangunan tahun lalu, RenovAsik.com mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan. Tak tanggug-tanggung, nilai proyek yang diterima oleh RenoVasik telah tumbuh hingga mencapai nilai puluhan miliar rupiah bila dibanding setahun lalu di periode yang sama yang hanya di kisaran ratusan juta rupiah. Hal ini tentu berdampak juga pada para mitra kerja RenovAsik.com, termasuk para mandor bangunan.

CEO RenovAsik.com, Fendy Hidayat menyebutkan, tahun ini, untuk kawasan Jabodetabek saja, potensi untuk bisnis konstruksi mencapai nilai sebesar Rp 161 Trilliun. Melihat potensi tersebut, Fendy menargetkan bisa menguasai 0,9% dari total potensi pasar bisnis konstruksi tersebut. “Sebagai pemain baru, potensi pasar yang demikian besar, kami optimistis dapat memenuhi target tersebut,” kata dia.

Pertumbuhan bisnis renovasi dan konstruksi tak lepas dari kebutuhan akan mandor bangunan dan tukang bangunan. Maka dari itu, RenovAsik.com juga mendorong para mandor bangunan untuk bergabung menjadi mitra RenovAsik.com melalui Sahabat Mandor. Dengan demikian, para mandor dan tukang bangunan tak lagi kesulitan dalam mencari proyek renovasi sendiri.

“Sahabat mandor adalah wadah yang kami sediakan untuk membuka lapangan kerja bagi para tenaga mandor bangunan, meliputi didalamnya ada tukang – tukang bangunan dibawah koordinator sang mandor tersebut.,” ujar Chief Strategy Officer (CSO) RenovAsik.com Indra Setiawan.

Saat ini ungkap Indra, sudah ada 49 mandor yang tergabung dalam Sahabat Mandor yang masing-masing membawahi hingga 20 tukang bangunan. “Jadi dengan jumlah Mandor sebanyak itu, kami memberikan lapangan pekerjaan ke hampir 1000 orang tukang bangunan,” kata dia.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, mandor yang tergabung di RenovAsik.com diberikan berbagai macam pelatihan baik produk maupun softskill. Indra menuturkan, pihaknya bekerjasama dengan bluescope Indonesia untuk memberikan pelatihan skill kepada mandor, sehingga mandor nantinya akan mendapatkan sertifikasi dari bluescope yang juga hasil kerjasama dengan kementrian PUPR. Mandor yang sudah tersertifikasi tentu hasil pekerjaannya akan lebih berkualitas.

Menurut Indra, mandor yang bergabung dengan Sahabat Mandor memiliki beberapa keuntungan yaitu, para mandor tidak perlu beriklan dan bisa menerima pesanan pekerjaan langsung dari RenovAsik.com.

Selain itu para mandor tak perlu bernegosiasi dengan konsumen ataupun melakukan penagihan pembayaran karena sudah ditangani oleh RenovAsik.com, dan dipastikan tidak akan terjadi gagal bayar. “Jadi para mandor lebih efektif dalam bekerja karena mengerjakan langsung sesuai SPK,” ujar dia.

*Ekspansi Bisnis*
Indra optimistis, RenovAsik.com akan makin berkembang di tahun-tahun mendatang. Saat ini, RenovAsik sudah melakukan ekspansi bisnis ke berbagai bidang seperti, Patos Incubator, sebuah incubator bisnis yang mendidik calon entrepreneur untuk memulai bisnisnya, jasa tour dan travel serta distribusi CCTV. Selain itu RenovAsik.com juga juga terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga keuangan, baik itu perbankan, koperasi maupun fintech untuk memberi kemudahan bagi konsumen yang ingin melakukan renovasi dengan program cicilan.

RenovAsik.com juga mengikuti pertumbuhan bisnis coffee shop yang kian menjamur. Untuk itu, renovasik terbuka untuk kerjasama B2B dalam hal pemenuhan pekerjaan renovasi maupun pembuatan interior outlet / both / café dll, untuk para pengusaha kopi. “Jadi kami membuka kerjsama juga dengan perusahaan startup kopi yang ingin bekerjasama dalam hal pembuatan both / outletnya pun kami bisa membantu,”kata dia.

Demi mendukung keberlangsungan usaha, Renovasik juga membuka kerjasama B2B dengan toko material (toko bangunan), sehingga toko bangunan yang tergabung dalam jaringan RenovAsik.com akan mendapatkan banyak manfaat. “Diantaranya adalah kami memprioritaskan untuk melakukan pembelian material dari toko bangunan tersebut di saat ada project kami di area yang tidak jauh dari lokasi tokonya,” tutur dia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Teknologi