Connect with us

Nasional

Panglima Koarmada l Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E.,M.A.P. meresmikan pendirian galeri Ghora Wira Koarmada l

Wartajakarta.com-Galeri Ghora Wira didirikan agar publik bisa lebih mengenal tentang sejarah TNI AL secara umum dan peran Koarmada I secara khusus dalam hal sejarah pertahanan nasional. Dimana koleksi Galeri Koarmada I yang dipamerkan dipilih dengan sedemikian rupa untuk mendukung hal ini.

Kegiatan diawali dengan sambutan ketua panitia Kolonel Laut (P) Fajar Tri Rohadi, sambutan Pangkoarmada I, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti, pemotongan pita secara simbolis dan peninjauan galeri.

Pangkoarmada I menyampaikan bahwa peresmian galeri Ghora Wira Koarmada I ini pada hakekatnya adalah sebagai bentuk visualisasi jejak langkah Koarmada I. Dimulai sejak berdirinya sampai dengan keberadaannya saat ini.

Jejak-jejak estetika akan memberikan eksistensi terhadap peristiwa yang diciptakan dari generasi ke generasi para pengawak Koarmada I yang dapat dinikmati sebagai aktivitas estetika, kebudayaan, dan sejarah dimasa lampau.

“Semua ini akan terus dapat dilacak maupun diapresiasi secara berkesinambungan apabila disimpan dengan baik pada sebuah tempat yang representatif. Dimana salah satunya contohnya adalah galeri Ghora Wira Koarmada I yang akan kita resmikan,”ungkapnya.

Pangkoarmada I menambahkan bahwa Galeri ini akan mempunyai peranan yang sangat penting sebagai pusat informasi bagi seluruh prajurit Koarmada I, TNI AL, TNI dan masyarakat Indonesia secara umum.

“Melalui galeri ini akan diperoleh gambaran umum aktivitas para pengawak Koarmada I dari waktu ke waktu yang dapat dijadikan sebagai pemacu semangat untuk berkarya yang lebih baik, serta memberikan dimensi dan perspektif yang baik bagi perjalanan dan perkembangan Koarmada I saat ini dan masa mendatang. Ingat untuk mengetahui masa kini kita harus mengetahui masa lampau,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadisjarahal Laksma TNI Supardi, S.E.,M.B.A.,CHRMP, perwakilan Pusjarah TNI Kolonel ADM Drs. Subari Santoso, perwakilan Arsip Nasional RI Drs. Agus Santoso, Kepala Museum Bahari Berkah Shadaya, S.STP,M.Si, Kepala Museum Maritim Dra. Tinia Budiati, Pakar Defense Haritage DR. Jeanne Francoise.

Galeri Ghora Wira Koarmada 1 berlokasi pada komplek Gedung Koarmada 1, Jl. Gn. Sahari No.67, RT.9/RW.7, Gn. Sahari Sel., Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional