Connect with us

Hiburan

Ajang Unjuk Aksi Talenta Disabilitas Panggung Talenta 2024

Wartajakarta.com- Insan Berkebutuhan Khusus atau biasa disebut IBEKA atau kata lainnya Penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.

Data terkini bahkan menyatakan disabilitas meninggal 20 tahun lebih awal dari orang lain yang tidak disabilitas. Mereka juga memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit seperti depresi, asma, diabetes, stroke, obesitas, dan kesehatan mulut yang buruk. Bahkan dunia mecetuskan melalui Perserikatan Bangsa Bangsa United in action to rescue and achieve the SDGs for, with and by persons with disabilities” atau “Bersatu dalam aksi untuk menyelamatkan dan mencapai keberlanjutan dengan dan oleh penyandang disabilitas. Yang kemudian menjadi aksi nyata untuk tetap menjadikan bahwa sahabat disabillitas punya kesempatan dan kebebasan yang sama.

Perkumpulan Lions Indonesia yang sudah memberikan pelayanan Selama 106 tahun, dimana 54 tahun pelayananan tersebut dilakukan di Indonesia memikirkan bagaimana juga nasib para kaum disabilitas dalam meneruskan hidup secara mandiri terutama tuntutan lapangan pekerjaan dan kewirausahaan dalam persaingan global. Hal ini diwujudkan dengan kehadiran PANGGUNG TALENTA 2024, yang merupakan panggung ajaib dalam mempersembahkan keindahan dan keberanian bakat luar biasa para penyandang disabilitas. Pembuktian bahwa keterbatasan fisik bukanlah penghalang dalam mewujudkan mimpi dan prestasi. Mulai dari seni pertunjukan music, tari, pantonim hingga puluhan kreatifitas seni.

Peter C. Djayadi, Gubernur Distrik 307A1 Perkumpulan Lions Indonesia menyampaikan, Ini merupakan sekuel kedua setelah tahun sebelumnya berhasil melahirkan bintang panggung yang memiliki keunikan, dan kini sudah merambah menjadi pekerja seni professional. Tahun ini pendaftaran dibuka mulai 4 Desember di seluruh Indonesia, dengan syarat usia 13 – 50 tahun. Dengan total 521 pendaftar seluruh Indonesia seleksi dilakukan melalui pengiriman video yang akan dipilih dengan berbagai tahapan, yakni tahap pertama hanya dipilih untuk 60 peserta terbaik, tahapan kedua 20 peserta pilihan akan mengikuti proses karantina selama 7 hari sampai menemukan 3 terbaik yang akan masuk ke grand final.

Proses seleksi pada masa karantina akan dilakukan dalam 3 (tiga) tahap. Seleksi dari 20 menjadi 14 terbaik, akan diadakan pada tanggal 12 May di Gedung Walikota Jakarta Selatan. Proses seleksi selanjutnya, pemilihan 7 terbaik akan diadakan pada tanggal 15 May di Gedung Walikota Jakarta Selatan. Dan acara final pemilihan 3 terbaik akan diadakan tanggal 19 May di studio Metro TV dan disiarkan di Metro TV. Proses pemilihan akan diseleksi oleh 3 juri handal, Denny Malik (penyanyi), Nirina Zubir (aktris) dan Anton Mirsaputra (penyanyi Jamaica Cafe).

Dalam berbagai publikasinya Perkumpulan Lions menyatakan kepedulian kepada para kaum difabel ini sebagai bentuk perhatian Ketimpangan kesehatan yang dialami penyandang disabilitas merupakan pengingat bagi semua pihak bahwa mereka juga memiliki hak sama dalam mendapatkan kesehatan dan kesejahteraan. Penyandang disabilitas perlu memperoleh partisipasi dan pemberdayaan yang sama, pungkas Risty Rustarto. Peserta yang tampil malam itu adalah para penyandang netra, rungu, multidisabilitas, autims, hingga celebral palsy yang secara penampilan panggung tak memiliki kelemahan. Bahkan penonton dibuat terharu dengan talenta natural yang begitu memukau.

Harapannya ajang ini menjadi pintu terbuka kesempatan untuk tak ada stigma sosial, dan pandangan sebelah mata kepada mereka yang bisa dibilang “tak beruntung” namun ternyata dikarunia Tuhan keunikan yang istimewa. Ini menjadi tantangan yang harus dihadapi pemerintah dan pemangku kewenangan untuk membuka peluang kesempatan dalam berkomitmen memberikan pelayanan, perlindungan, dan memfasilitasi para penyandang disabilitas untuk terus mengejar mimpi tanpa diskriminasi.

Rizka Rinonce sebagai salah satu peserta Talenta disabilitas menjelaskan, saya suka nyanyi dari usia 7 tahun, Saat SMA membentuk grup band sama temen-temen serta nyanyi dari panggung ke panggung dan tempat-tempat lainnya, jelasnya.

Harapannya ikut Panggung Talenta 2024 yang diadakan Lions Club ini agar kita bisa dikenal oleh masyarakat luas, terus disini dapat pengalaman baru untuk meningkatkan kemampuan yang kita miliki. Pesan kepada teman-temen disabilitas lain, yang belum memiliki kesempatan di talenta tahun ini semoga tahun depan bisa berkesempatan dan jangan lupa tetap berkarya karena kita tidak terbatas, karena keterbatasan itu kita sendiri yang menciptakan, pungkas Rizka Rinonce.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Hiburan