Connect with us

Nasional

Akibat Cuaca Buruk Prajurit Lantamal III Lanal Babel Evakuasi Kapal Yachtdan Awaknya 

Wartajakarta.com– Pos Pengamat ( Posmat) Toboali jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Babel kembali melaksanakan evakuasi terhadap kapal Yacth Sv.Denok Bay yang mengalami kerusakan mesin akibat cuaca buruk di Perairan Selat Bangka sekitar Selatan perairan Pulau Besar Kab. Bangka Selatan belum lama ini.

Evakuasi dilaksanakan dengan diawali adanya laporan ke Posmat Toboali melalui jaring UHF dengan informasi adanya kapal Yacht berbendera Indonesia yang dinahkodai Triadi Patria dengan satu ABK Bucek Deep artis Ibukota mengalami kerusakan karena cuaca buruk di perairan Selat Bangka sekitar selatan perairan pulau Besar yang saat itu berlayar dari Batam menuju Jakarta sejak tanggal 19 Agustus 2021.

Informasi berantai tersebut dilaporkan ke Komandan Lanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan sebagai laporan yang ditindaklanjuti dengan memerintahkan Posmat Toboali agar segera memberikan pertolongan darurat kepada awak kapal dan kapalnya agar bias selamat. Posmat Toboali selanjutnya melakukan evakuasi dengan menarik kapal Yacth menggunakan kapal Nelayan ke perairan Toboali Kab. Bangka Selatan. Sedangkan kapal Yacht sendiri diperbaiki sampai dapat dioperasikan lagi untuk meneruskan pelayaran kembali ke Jakarta.

Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P. mengatakan,” TNI AL khususnya Lantamal III dan Jajarannya baik yang berada di Pangkalan TNI AL, Posal maupun Posmat agar selalu siap melaksanakan pertolongan darurat baik karena cuaca, bencana alam maupun insiden tak terduga. Semua itu dilaksanakan sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono,S.E.,M.M. agar TNI AL di wilayahnya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dalam memberikan bantuan kepada pengguna jasa laut yang membutuhkan pertolongan darurat,” pungkasnya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional