Connect with us

Nasional

IKA UII Gelar Milad ke-56 dan Halal Bihalal Bertajuk “Brotherhood Till Jannah”

Wartajakarta.com-Ikatan Keluarga Alumni UII (IKA UII) menggelar perayaan Milad ke-56sekaligus Halal Bihalal dihadiri secara langsung oleh lebih dari 500 alumni dari berbagai daerah pada Jumat (26/05/2023). Acara yang diselenggarakan di The Oval Plaza, Mall Epicentrum Walk Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan tersebut disaksikan secara daring oleh ribuan alumni UII yang tersebar di seluruh Indonesia.Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H, M.H selaku Ketua Umum DPP IKA UII mengatakan, “Saya berharap para alumni UII mampu hadir sebagai problem solver bagi setiap persoalan bangsa, turut andil dalam merawat keharmonisan masyarakat, mari kita bersatu dalam menjaga keutuhan umat, saling membantu dalam kebaikan, serta berkolaborasi untuk membangun Indonesia yang lebih baik”.

Pada tahun ini, perayaan Perayaan Milad ke-56 sekaligus Halal Bihalal IKA UII mengusung tema bertajuk “Brotherhood Till Jannah” mengacu pada persaudaraan yang kuat dan abadi diantara para alumni. Timbul harapan persaudaraan yang dibangun dalam wadah IKA UIIbukanlah persaudaraan yang pragmatis, yang didasarkan hanya pada kepentingan temporer,yang hanya terbatas pada persaudaraan selama di dunia, tetapi persaudaraan yang ingindibentuk adalah persaudaraan yang tulus, eternity brotherhood, yang diharapkan berlanjut hingga dapat bersama-sama menapakkan kaki di surga Allah Subhanahu wa Ta’ala.DR. Ari Yusuf Amir, S.H., M.H. Selaku Sekretaris Jenderal IKA UII mengatakan,memasuki usia 56 bagi sebuah organisasi adalah capaian eksistensial yang tidak mudah.Berhasil menunjukkan bahwa IKA UII dapat menjaga soliditas dan kohesivitas antar alumni secara istiqomah dengan bimbingan Allah SWT. Soliditas pun kian nampak melalui pelembagaan entitas IKA UII di daerah, baik dalam tingkat provinsi, kabupaten dan IKA Prodi,bahkan luar negeri.

Lebih dari itu saat ini IKA UII memiliki Lembaga Bantuan Hukum (LBH)IKA UII yang akan terus berkembang ke daerah-daerah serta berbagai entitas lain yang bernaung dibawah organisasi IKA UII.

Sementara itu, di tengah perayaan Milad ke-56 dan Halal Bihalal IKA UII, Prof. Dr.Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., selaku Ketua Dewan Penasihat IKA UII menyampaikan taklimat, di tengah tahun politik ini Alumni UII boleh memilih secara bebasdan dianggap baik sesuai dengan aspirasi. Tidak perlu bermusuhan hanya karena beda pilihan. Pilihlah pemimpin yang kita yakini baik.

Untuk itu, siapapun yang terpilih harus kitadukung dan yang kalah harus tunduk pada keputusan yang menang. Ada ungkapan“mencintai tanah air itu sebagian dari iman” meskipun bukan rukun iman, mari kita jaga Negara Kesatuan Republik Indonesia serta lancarkan pemilu tahun ini.

Sejalan dengan komitmen Alumni UII pada aksi sosial kepada masyarakat, sinergi antarAlumni UII telah banyak menumbuhkan rasa empati bagi para Alumni terhadap masyarakat sekitar.

Untuk itu, Sejak 2020 hingga saat ini komitmen IKA UII ditunjukan pada Aksi sosialyang semakin rutin digelar sebagai program reguler “IKA UII Peduli” baik di Dewan PimpinanPusat (DPP) maupun Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) hingga Dewan Pimpinan Daerah(DPD). Berbagai aksi sosial yang dilakukan seperti Peduli COVID-19, Peduli Korban Banjir,Peduli Korban Gempa, Peduli Dhuafa, Peduli Anak Yatim di Bulan Ramadan, dan PeduliLingkungan – Aksi Tanam Sejuta Pohon (IKA UII Bumi Lestari).Sebagai rangkaian pra acara Milad IKA UII ke-56, aksi sosial juga dilakukan secara langsung di booth “IKA UII Peduli”.

Aksi galang dana yang dilakukan secara real time tersebutmenggunakan QRIS dan akan didistribusikan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, sebagai bentuk memperkuat kesadaran untuk hidup lebih sehat, dilakukanTalkshow Kesehatan bersama medical influencer dr. Rianti Maharani,M.Si. melalui siaranInstagram Live yang telah saksikan oleh lebih dari 400 penonton dan juga Sesi TalkshowKesehatan tersebut juga diselenggarakan secara langsung di The Oval Plaza sebelumdimulainya acara inti.

Lebih lanjut masih dalam misi yang sama, acara tersebut jugamenggelar kegiatan cek kesehatan gratis bagi alumni UII yang hadir.Untuk memeriahkan pra acara disediakan juga photo 360 challenge sebagai ruang ekspresibagi para alumni yang hadir.“Acara inti semakin meriah saat ditutup penampilan spesial dari Opick yang turutmembangkitkan rasa nostalgia bagi alumni IKA UII,” tutup Anang Seputro,S.H., selakuKetua Panitia Milad ke-56 dan Halal Bihalal Ika UII 2023.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional