" > Jawa Timur Raih Juara Umum Pepapernas IX – WARTAJAKARTA.com
Connect with us

Nasional

Jawa Timur Raih Juara Umum Pepapernas IX

Wartajakarta.com-Sukses meraih 20 emas, 2 perak dan 1 perunggu, kontingen Jawa Timur menyandang predikat juara umum di kejuaraan Pekan Paralympic Pelajar Nasional IX (Pepapernas) yang digelar di Jakarta.

Kepastian Jatim sebagai juara umum disampaikan saat penutupan resmi pepapernas IX yang dipimpin oleh Sesmenpora di GOR Pulo Gadung, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Selain menyediakan wadah dan mengukur prestasi atlet-atlet pelajar disabilitas, Peparpenas yang selalu menjadi ajang rutin Kemenpora ini selalu memiliki cerita haru dan bahagia. Ketika pembukaan, Menpora Zainudin Amali menggendong atlet renang asal Riau, Latifah Fitri untuk menyulutkan api ke kaldron. Usai pembukaan pun Menpora terharu melihat semangat Latifah.

“Saya terus terang merasa terharu melihat semangat mereka (atlet disabilitas). Kaum disabilitas kita semangatnya sama dengan kita. Itu yang membuat saya bersama teman-teman dari Kemenpora terharu. Kita berharap kedepannya perhatian khususnya pemerintah daerah terhadap kaum disabilitas, ” ucapnya.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menyampaikan mendapati diri sendiri adalah seorang disabilitas yang memiliki kekurangan fisik dan mau menerima keadaan itu adalah sesuatu yang hebat. “Lebih lebih lagi dengan munculnya kemauan untuk menggali potensi diri yang membuat diri sendiri harus melawan kekurangan yang dimiliki,” katanya.

“Memiliki kekurangan fisik sebenarnya bukan sesuatu hal yang harus disesali terus menerus. Pemerintah melalui Kemenpora memberikan wadah untuk aktualisasi diri melalui olahraga. Peparpenas adalah salah satu wadah yang akan menghantarkan pelajar disabilitas Indonesia menjadi atlet profesional dikemudian hari. Mungkin banyak hal lain yang dapat dilakukan dalam keterbatasan, tak hanya olahraga. Olahraga memberi pelajaran tentang nilai berjuang, memberi keluarga baru yang senasib sepenanggungan, serta juga memberi kesempatan untuk mengharumkan nama daerah/bangsa dengan prestasi olahraga,” tambahnya.

Pekan Paralympic Pelajar Nasional IX berlangsung di Jakarta pada 6-13 November 2019. Adapun tema Peparpenas IX adalah “Wujudkan Kesetaraan, Tingkatkan Prestasi”. Cabang olahraga yang dipertandingkan pada tahun 2019 adalah boccia, renang, atletik, tenis meja, bulutangkis, dan catur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional