Connect with us

Otomotif

Konsumsi BBM Toyota Avanza yang Super Irit Via Otoklix

Wartajakarta.com-Anda mungkin akan banyak menemukan mobil Avanza di jalan raya. Benar saja, mobil Avanza tergolong mobil sejuta umat yang memiliki banyak pengguna. Avanza kerap dijadikan pilihan sebagai mobil keluarga maupun untuk mobilitas sehari-hari. Pasalnya konsumsi BBM Avanza tergolong irit sehingga pengguna bisa menghemat pengeluaran.  

Konsumsi BBM Avanza yang tergolong hemat tersebut tidak terlepas dari spesifikasi yang dimiliki oleh Avanza. Untuk lebih jelasnya tentang spesifikasi Avanza dan konsumsi BBM nya, simak informasinya dalam artikel ini.

Spesifikasi Mesin Avanza

Avanza merupakan produk keluaran dari produsen mobil Toyota. Toyota Avanza diluncurkan dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin 4-silinder 1.329 cc Dual VVT-i bertenaga 95,1 hp dan torsi 12,3 Nm.

Mesin ini juga dibagi menjadi dua macam transmisi, yaitu transmisi otomatis 4-kecepatan (mobil matic) dan manual 5-kecepatan. Anda bisa memilih jenis mobil sesuai dengan kebutuhan Anda serta kenyamanan Anda.

Toyota juga mengeluarkan pilihan mesin Avanza dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu 1.496 cc 4-silinder Dual VVT-i. Mesin dengan spesifikasi ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 102,5 Hp dengan torsi 13,9 Nm.

Konsumsi BBM Avanza

Avanza memiliki berbagai jenis mesin yang digunakan, oleh karena itu untuk konsumsi BBM juga tergantung dari transmisi mobil. Konsumsi BBM Avanza manual lebih hemat jika dibandingkan dengan transmisi otomatis.

Hal ini dikarenakan, jika Anda menggunakan mobil manual maka Anda bisa mengatur perpindahan gigi sendiri yang mengurangi beban kerja mesin sesuai kebutuhan, sehingga bahan bakar yang digunakan tidak terlalu banyak. Anda bisa menghemat penggunaan BBM dan menghemat pengeluaran Anda.

Tak hanya itu, konsumsi BBM Avanza juga dipengaruhi oleh kapasitas mesin. Setiap jenis mesin memiliki tingkat penggunaan BBM yang berbeda.

Untuk mobil Avanza dengan kapasitas mesin 1.300 cc konsumsi BBMnya tergolong irit. Untuk 1 liter BBM bisa digunakan untuk menempuh 14,6 km di jalur perkotaan. Sementara konsumsi BBM Avanza dengan kapasitas 1.50p cc maka bisa menempuh jarak 11,6 km/liter di jalur perkotaan.

Tips Hemat BBM Avanza

Meskipun konsumsi BBM Avanza tergolong irit jika dibandingkan dengan jenis mobil lainnya, Anda juga bisa lebih menghemat lagi konsumsi BBM pada Avanza. Berikut ini tips menghemat penggunaan BBM pada Toyota Avanza.

1. Pahami Jadwal Servis Mobil

Untuk menjaga performa mesin mobil Avanza Anda, servis rutin perlu dilakukan. Jika performa mesin mobil Anda dalam kondisi optimal maka tidak akan boros dalam penggunaan BBM.

Anda bisa melakukan servis mobil secara rutin sesuai dengan yang ada pada manual book mobil Avanza Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan patokan jarak yang telah ditempuh untuk melakukan servis.

Misalnya saja Anda bisa melakukan servis jika mobil Anda telah mencapai 5.000 atau 10.000 km. Atau bisa juga tergantung pada kondisi mobil Anda. Anda bisa pilih bengkel umum yang terpercaya dan profesional lewat aplikasi bengkel mobil yang bekerjasama dengan lebih dari 2000 bengkel umum terbaik se jabodetabek. 

2. Jangan Terlalu Lama Memanaskan Mobil

Sebelum mobil digunakan untuk berkendara, ada baiknya Anda memanaskan mesin mobil Anda terlebih dahulu. Namun, sebaiknya tidak perlu terlalu lama jika memanaskan mobil.

Cukup 2 hingga 3 menit untuk memanaskan mobil Anda. Hal ini dikarenakan Avanza sudah memiliki sistem pembakaran yang baik. Sehingga Anda tidak perlu memanaskan mobil dalam waktu lama demi meningkatkan performa mesin dan konsumsi bahan bakar.

3. Cek Tekanan Angin

Tips selanjutnya untuk menghemat konsumsi BBM Avanza adalah dengan mengecek tekanan angin ban mobil Avanza. Anda bisa mengisi tekanan angin ban mobil sesuai petunjuk pada setiap mobil.

Karena masing-masing mobil memiliki kriteria tekanan ban yang berbeda. Ada mobil yang mungkin membutuhkan tekanan sebanyak 30 ps, sedangkan lainnya ada yang memerlukan 34 ps.

Anda juga bisa memeriksa tekanan angin setidaknya satu bulan sekali. Hal ini dapat membantu menghemat penggunaan bahan bakar hingga 4 persen.

4. Pakai AC Sesuai Kebutuhan

Tips lainnya untuk menghemat konsumsi BBM Avanza adalah dengan menggunakan AC mobil seperlunya. Tak dapat dipungkiri, penggunaan AC mobil cukup banyak memakan konsumsi BBM.

Oleh karena itu, Anda perlu menyiasatinya agar konsumsi BBM Avanza tidak boros. Sebaiknya hindari jalur yang rawan macet sehingga Anda bisa menghemat penggunaan AC mobil.

Namun, pada umumnya mobil Avanza konsumsi BBMnya lebih irit jika dibandingkan dengan mobil lainnya. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk memilih dan menggunakan Toyota Avanza.

Meskipun begitu, Anda juga bisa melakukan beberapa hal agar konsumsi BBM Avanza makin irit. Seperti misalnya melakukan servis rutin secara berkala, rutin memeriksa tekanan angin pada ban mobil, hingga menghemat penggunaan AC mobil.

Demikian informasi tentang konsumsi BBM Avanza. Setiap jenis mesin yang digunakan pada mobil Avanza memiliki tingkat konsumsi BBM yang berbeda. Untuk informasi lebih banyak lagi tentang berita otomotif Anda bisa kunjungi website otoklix, portal berita otomotif terpercaya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Otomotif