Connect with us

Olahraga

KTT ASEAN Summit 2023 Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata di NTT

Wartajakarta.com-Mabar – Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, akan menjadi sebuah momentum terbaik untuk terus mendorong dan mempromosikan kawasan tersebut menjadi destinasi wisata super prioritas.

Setelah sukses dengan perhelatan Presidensi Group of Twenty (KTT G-20), Indonesia kembali dipercaya guna memegang peranan sangat penting dikancah internasional, dimana bangsa ini ditunjuk sebagai keketuaan ASEAN 2023 atau ASEAN Chairmanship 2023.

Event KTT ASEAN Summit 2023 sudah semakin dekat, dan untuk pertama kalinya Labuan Bajo, yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur akan menjadi tuan rumah event berstandar internasional.

Sejumlah kesiapan tempat terus digencarkan pemerintah pusat dan daerah untuk event KTT ASEAN Summit yang akan dilaksanakan di Kawasan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

Masyarakat Kabupaten Manggarai Barat, khususnya masyarakat Desa Golo Mori sangat gembira dan antusias menyambut event ini. Desa yang dahulu terisolasi dan tertinggal itu menjadi saat ini sudah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi menjelaskan Kabupaten Manggarai Barat menjadi tempat pelaksanaan kegiatan berskala internasional merupakan impian setiap Pemerintah Daerah (Pemda).

“Saya kira ini menjadi impian seluruh pemerintah daerah agar daerahnya dipilih menjadi tempat diselenggarakan event berskala internasional,” kata Endi.

Ia menginginkan masyarakat merasakan dampak dari KTT ASEAN untuk memulai mempersiapkan produk-produk berkualitas untuk disajikan selama event berlangsung.

“Bukan hanya Labuan Bajo saja yang makin dikenal, tetapi saya ingin masyarakat merasakan dampak langsung dari kegiatan KTT ASEAN ini,” ucap Endi.

Dirinya juga menghimbau masyarakat agar selalu menjaga stabilitas keamanan serta lingkungan jelang dan selama pelaksanaan KTT ASEAN 2023 Summit di Labuan Bajo.

“Ketika tidak kondusif ini akan menjadi mimpi buruk dan bisa saja berujung yang semula sudah ditetapkan di Labuan Bajo akan bergeser ke tempat lain, ini yang paling penting yang harus kita jaga,” tegas Endi.

Pihaknya sangat mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi yang telah menetapkan Labuan Bajo sebagai Venue ASEAN Summit ke-42. Dengan adanya event internasional ini, diharapkan akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Manggarai Barat serta keberlanjutan pembangunan hingga pariwisata.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Olahraga