Connect with us

Nasional

Lantamal XI Seleksi Putera-Puteri Terbaik Papua Untuk Menjadi Prajurit TNI AL

Wartajakarta.com-Merauke,- Bertempat di Mako Lantamal XI Merauke telah dilaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani untuk para Calon Prajurit Bintara PK Pria dan Wanita serta Prajurit Tamtama PK TNI AL Gelombang I TA 2022 Panitia Daerah (Panda) Merauke dipimpin Paban Watspers Lantamal XI Letkol Laut (K) Lilik Purwanto, Amk., Skm., Senin (24/01/2022).

Calon Bintara dan Calon Tamtama PK TNI AL Gelombang I Tahun 2022 Panda Merauke tersebut sebelumnya telah melewati seleksi validasi oleh tim Panda Merauke dari tanggal 20 Desember 2021 sa.pai dengan 12 Januari 2022, para calon tersebut dinyatakan lolos dan berhak mengikuti tahapan tes selanjutnya yakni rikmin dan tes pemeriksaan kesehatan.

Adapun jumlah calon yang mengikuti tes kesampataan jasmani sebanyak 67 peserta yang terdiri dari 55 peserta pria (terdiri dari Casis Prajurit Bintara PK dan Prajurit Tamtama PK TNI AL) dan 12 peserta wanita (Calon Prajurit Bintara PK Wanita TNI AL).

Materi Tes samapta yang diujikan yakni samapta A meliputi lari selama 12 menit, kemudian samapta B terdiri dari push up, sit up, pull up, dan shuttle run, tes postur tubuh dan renang.

Pelaksanaan seleksi Calon Bintara dan Calon Tamtama PK TNI AL tersebut sesuai arahan Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa proses rekrutmen Prajurit TNI AL ini dilaksanakan secara profesional, obyektif dan transparan dengan melalui tahapan seleksi yang ketat untuk mendapatkan calon-calon terbaik dengan kriteria lulus memenuhi persyaratan. Ini merupakan seleksi tahap awal, karena mereka masih akan mengikuti beberapa tahapan tes di tingkat daerah hingga dinyatakan lolos ke tingkat pusat yakni di Sorong Papua Barat, sebelum akhirnya mereka dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan dasar militer.

Pada kesempatan tersebut Danlantamal XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso, S.E., melihat jalannya pelaksanaan tes dan menyampaikan “Pelaksanaan kesegaran jasmani ini tetap memperhatikan protokol kesehatan. Bahwa tes kesamaptaan jasmani yang harus dijalani oleh para calon prajurit TNI AL yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan fisik seorang calon prajurit dan bentuk postur tubuh sesuai dengan aturan tentang standar penerimaan Calon Prajurit TNI AL,” ungkap Danlantamal XI.

Selama kegiatan berlangsung tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional