Connect with us

Nasional

Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Universitas Esa Unggul Gelar MUBES 2022/2023

Wartajakarta.com-Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Esa Unggul merupakan salah satu organisasi bantuan hukum yang dapat digunakan oleh warga masyarakat untuk memperoleh bantuan hukum sesuai amanah Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, yang merupakan hak dasar pemenuhan Hak Asasi Manusia. Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Esa Unggul telah ter-akreditasi oleh Kementrian Hukum dan HAM RI dengan register Nomor M.HH-02.HN.03.03 untuk Periode 2021 sampai dengan 2024.

Untuk selanjutnya Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Esa Unggul juga telah melakukan nota sepemahaman dengan Pengadilan Negeri Jakarta Barat, untuk bertugas di Pos Bantuan Hukum (posbakum) Pengadilan Negeri Jakarta Barat untuk mendampingi terdakwa dalam menghadapi kasus pemeriksaan kasus-kasus Pidana dan Perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu.

Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Esa Unggul juga menerapkan kurikulum dan bahan ajar dari Arizona State University (ASU), dan dikembangkan melalui praktik peradilan semu (mootcourt) dalam subjek ketatanegaraan. Melalui kerja sama dengan Arizona State University memulai transformasi digital untuk memodernisasi pengalaman pendidikan, meningkatkan kurikulum, membuat program inovatif baru, dan memperluas peluang untuk kolaborasi penelitian, pengabdian masyarakat yang semuanya sebagai bagian dari upaya untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif di lingkungan global.

Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja,ST,, MBA, IPU, menuturkan karena sekarang Universitas Esa Unggul (UEU) telah resmi bekerja sama dengan Arizona State University (ASU) dan Cintana Alliance sejak Mei 2022 lalu demi mewujudkan komitmen UEU untuk memberikan pendidikan unggul kepada mahasiswa di seluruh Indonesia dan menjadi world-class university,maka salah satunya adalah Kurikulum di Fakultas Hukum dapat dikembangkan dan diadopsi melalui kerjasama dengan Arizona State University (ASU)

Pada hari Kamis, 23 Febuari 2023 Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Esa Unggul (LKBH Esa Unggul) akan melaksanakan agenda tahunan yaitu Musyawarah Besar. Musyawarah Besar dan serah terima jabatan LKBH Esa Unggul Periode 2022/2023 diselenggaraka di ruang 610-611 Gedung Utama Universitas Esa Unggul. Acara ini bertujuan untuk membahas AD/ART, dan Laporan Pertanggung Jawaban kepengurusan LKBH periode 2021/2022 serta melanjutkan kepengurusan melalui penyerahan jabatan dari kepengurusan sebelumnya ke kepengurusan yang baru. Diharapkan dalam Musyawarah Besar dan Serah Terima Jabatan ini dapat memenuhi target yang ingin dicapai, meliputi: setiap pengurus LKBH mampu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diadakan, memegang erat komitmen yang telah diambil sebelumnya sehingga LKBH dapat terus membantu memberikan bantuan hukum kepada masyarakat umum secara pra bono, terjalinnya sebuah kekeluargaan dan terlepas dari perpecahan serta pengurus mampu memahami AD/ART, dan Visi Misi lembaga tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kegiatan ini terdiri dari dua agenda utama yaitu Musyawarah Besar dan Serah Terima Jabatan. Kegiatan Musyawarah Besar dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan diawali pembukaan dari MC, persembahan tarian adat, dan dilanjutkan dengan penyerahan berkas laporan pertanggung jawaban periode sebelumnya. Lalu dilanjutkan dengan penetapan KetuaHarian baru, serta pembacaan sumpah jabatan bagi calon Ketua Harian baru.Sedangkan Serah Terima Jabatan dan pelantikan Ketua Harian LKBH Periode 2022/2023 dimulai pada pukul 10.35 WIB dengan pembacaan sumpah jabatan ketua dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Kegiatan itu sendiri banyak dihadiri oleh para dosen yang berasal dari Universitas Esa Unggul, diantaranyaMen Wih Widiatno, S.H., S.Kom., M.M., M.Kn., I Gede Hartadi Kurniawan, S.E., S.H, M.Kn. dan Nugraha Abdul Kadir, S.H., M.H.sebagai pemimpin sidang dalam Musyawarah Besar LKBH Esa Unggul. Lalu dihadiri juga oleh tamu undangan yang terhormat Dr. Wasis Susetio, S.H, M.H., Nurhayani, S.H, M.H., Dr. Idris Wasahua, S.Ag., M.H., Dr. H. Freddy Haris, S.H., LL.M., ACCS, Anatomi Muliawan, S.H., LL.M., Fitria Olivia, S.H, M.H., Dr. Joko Widarto, S.H., M.H., Dr. Annisa Fitria, S.H., M.H., M.Kn., Rita Alfiana, S.E., S.H., M.Kn.., Balai Pemasyarakatan dan Posbakum.

Pelantikan pengurus LKBH Esa Unggul berlangsung secara hybrid. Selain melalui Zoom meeting, kami juga mengundang alumni LKBH Esa Unggul, anggota aktif LKBH Esa Unggul dan juga perwakilan oleh masing-masing angakatan sebagai saksi dari berlangsungnya kegiatan ini, dan juga untuk menjalin hubungan yang telah menghadiri acara tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional