Connect with us

Gaya Hidup

Memperingati Hari Batik Nasional Selebgram ‘ Rani Ramadhina’Berharap Batik Dijadikan Warisan Budaya Indonesia

 

WartaJakarta.com-Jakarta

10 tahun sudah berjalan, tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu, UNESCO sebagai Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, secara resmi mengakui Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia. Berbagai harapan untuk kejayaan batik bermunculan pada Hari Batik Nasional yang diperingati tiap 2 Oktober dari semua kalangan ,begitu juga dengan Selebgram Rani Ramadhina.

Bertepatan dengan tanggal yang sama dimana batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.
Batik pun menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Kebanggaan itu juga dirasakan oleh termasuk selebgram Rani Ramadhina yang sering menggunakan busana batik di momen-momen tertentu.

Dirinya bangga Indonesia memiliki batik. “Apalagi sekarang Batik  tidak hanya dipakai dan disukai oleh orang Indonesia tetapi juga disukai dan dipakai artis mancanegara,” tuturnya.

Batik juga sudah merambah ke mancanegara juga.  “Sangat bangga sekali kita punya batik sebagai warisan budaya yang luar biasa dan harus kita jaga agar terus lestari. Jangan sampai  Batik diklaim oleh negara lain, kita harus amankan batik sebagai warisan budaya Indonesia,” katanya,kepada WartaJakarta, Jumat ( 30/9) 2022 di Jakarta.

Menyinggung soal batik favorit, bagi Rani yang penting  batik saat digunakan pas di badan dan memiliki corak dan bahan yang bagus.

Rani tidak mengkhususnya dirinya suka dengan batik dari daerah mana, misalnya batik solo, Pekalongan, dan lainnya. Yang penting baginya batik itu nyaman jika digunakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Gaya Hidup