Connect with us

Nasional

Menaker Halal Bihalal dengan Pekerja Migran di Malaysia

Wartajakarta.com-Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah melakukan Halal Bihalal dengan para Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya serta tokoh-tokoh komunitas pekerja migran yang ada di Malaysia, Minggu (28/4/2024) di Selangor, Malaysia.

Menaker dalam sambutannya menegaskan komitmen negara dalam memberikan pelindungan kepada pekerja migran dan keluarganya, baik melalui regulasi maupun program-program.

“Kami tidak henti-hentinya menyampaikan bahwa negara memiliki komitmen yang kuat dalam memberikan pelindungan kepada teman-teman pekerja migran dan keluarganya. Oleh sebab itu, kami berharap kepada para stakeholder, teman-teman pekerja migran dan keluarganya yang hadir untuk saling sinergi dan bekerja sama agar tercipta suasana yang kondusif,” ucap Menaker.

Komitmen dalam memberikan pelindungan melalui regulasi, misalnya, Kementerian Ketenagakerjaan menerbitkan Permenaker Nomor 4/2023 tentang Jaminan Sosial Pekerja Migran Indonesia, di mana melalui regulasi tersebut negara hadir memberikan pelindungan baik sebelum, selama, dan setelah bekerja.

Sementara pelindungan melalui program, Kementerian Ketenagakerjaan membangun desmigratif yang hingga kini telah dibangun di 503 daerah kantong pekerja migran, program Tenaga Kerja Mandiri (TKM), dan sejumlah program pelatihan.

“Kami berharap berbagai program yang diberikan ini memberikan manfaat untuk teman-teman pekerja migran dan keluarganya,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan bahwa dalam kunjungan kerjanya di Malaysia ini, ia sudah bertemu dengan Menteri Sumber Malaysia dan menyampaikan beberapa poin penting yang perlu diulas dan dapat ditindaklanjuti dalam kerja sama yang ada.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional