Connect with us

Gaya Hidup

Menambah Estetika 5 Model Vas Bunga untuk Penyempurna Ruang Tamu

Wartajakarta.com-Sedang mengobrol di ruang tamu dan pandangan Anda terhalang oleh vas bunga? Tentu sangat mengganggu, bukan? Padahal, kehadiran perabot ini diharapkan bisa membantu mengisi kekosongan sekaligus menambah estetika pada ruang tamu. Namun, salah memilih bentuk, warna, dan peletakannya ternyata bisa membuat Anda maupun tamu yang berkunjung menjadi sangat tidak nyaman.
Ketika memilih vas untuk bunga, hal penting yang perlu Anda pertimbangkan adalah ukurannya. Sederhananya, ukuran panjang dari tangkai bunga tidak lewat dari satu setengah kali tinggi vas yang Anda pakai. Apabila bagian leher vas ternyata terlalu lebar, tangkai bunga tidak tersanggah dengan baik. Akibatnya, pengaturan bunga di dalamnya akan terlihat sangat berantakan.
Sementara itu, apabila mulut vas terlalu kecil atau sempit, tangkai bisa rusak dan tampilan bunga pun jadi tak lagi indah dipandang mata. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih vas untuk bunga-bunga kesayangan yang sesuai. Tidak hanya sesuai dengan jenis atau karakter bunga, tetapi juga sesuai dengan desain ruang tamu rumah Anda.

Model Vas Bunga untuk Penyempurna Ruang Tamu
Sama seperti perabot rumah tangga lainnya, banyak sekali pilihan vas sebagai wadah bunga yang bisa Anda pilih. Mulai dari bentuk hingga material pembuatnya, masing-masing punya nilai lebih dan kurangnya sendiri. Nah, agar lebih mudah dalam mengetahui setiap jenisnya, berikut beberapa rekomendasinya untuk Anda:

Vas dari Bahan Kaca
Vas bunga yang dibuat dari bahan dasar kaca dengan sifat transparan ternyata jadi pilihan yang bisa dibilang favorit. Bahan tersebut menampilkan kesan sederhana dengan paduan nuansa modern untuk ruang tamu rumah minimalis. Model vas masa kini yang terbuat dari bahan kaca juga cocok dipakai untuk semua karakter atau jenis tanaman hias maupun bunga yang hendak Anda pasang di ruangan.
Vas dari kaca dengan bentuk silinder bisa dipakai untuk jenis bunga dengan tangkai yang panjang, misalnya bunga sedap malam dan bunga tulip. Sementara vas dengan bentuk bulat besar jadi pilihan tepat untuk wadah bunga lili putih. Jangan lupa, sertakan pula beberapa daunnya untuk menambah kesan cantik. Lalu, vas dengan bentuk bola berukuran kecil sangat tepat untuk memamerkan tanaman kaktus di meja. Tambahkan ornamen berupa batu koral untuk menambah keindahannya.

Vas Berbentuk Geometri
Jika Anda ingin menampilkan kesan modern dengan balutan kemewahan dan nuansa elegan di ruang tamu, vas dengan bentuk geometri bisa jadi pilihan yang tepat. Vas yang disebut juga dengan vas terrarium ini memiliki ciri khas yaitu adanya banyak sisi dan sudut. Bahan dasarnya berupa lempeng kuningan dengan warna emas pada bagian sisi dan dilapisi dengan kaca. Vas satu ini selalu mampu menarik perhatian meski ditaruh pada sudut ruangan atau digantung.

Sementara untuk tipe tanaman hiasnya, Anda bisa memilih tanaman atau bunga dengan ukuran kecil dan tumbuh lebih lambat, misalnya kaktus atau tanaman sukulen. Namun, jika Anda berniat untuk memamerkan jenis bunga potong, pilihlah bunga dengan warna putih atau pastel. Anda bisa menambahkan beberapa helai daun untuk menambah kesan segar pada vas tersebut.

Vas dari Bahan Keramik
Vas bunga yang terbuat dari bahan keramik jadi jenis yang paling mudah ditemukan. Warna dan bentuk dari vas ini juga sangat beragam. Jika Anda penyuka kesan bersih dan sederhana, vas dari keramik dengan warna putih atau hitam polos bisa jadi rekomendasi yang tepat.

Sementara untuk menghadirkan kesan menyenangkan dan ceria, warna biru, merah, atau kuning bisa jadi pilihan. Terlebih, jika Anda menggunakan warna putih pada dinding ruang tamu, pilihan warna selain putih pada vas tentu bisa mencuri perhatian.

Namun, perhatikan posisinya. Sebaiknya Anda tidak menaruh vas keramik berukuran besar di tengah meja tamu. Tentunya, hal tersebut akan menghalangi pandangan Anda dan tamu saat sedang berbincang. Sebaliknya, letakkan vas tersebut pada console table atau sudut ruangan. Tips lainnya, pilihlah motif polos jika ruang tamu Anda mengusung konsep minimalis.

Namun, jika ingin menggunakan vas dengan banyak gambar atau motif, Anda bisa menyiasatinya dengan menata tanaman hias seringkas yang Anda bisa.

Vas dari Bahan Stainless
Vas yang terbuat dari stainless selalu berhasil menampilkan kesan elegan dan mewah di dalam ruangan. Vas satu ini umumnya terdiri dari dua warna identik, yaitu silver dan emas atau gold. Anda tidak perlu ragu mengombinasikan vas tersebut dengan bermacam warna bunga, karena semuanya cocok ditaruh di dalam vas ini.

Cukup sesuaikan bentuk vas dengan tema ruang tamu rumah Anda. Pilihlah vas dengan bentuk bulat berukuran besar, atur dengan beberapa warna bunga. Rekomendasi lainnya adalah bentuk panjang dan ramping dengan mulut lebih kecil, pilih bunga yarrow berwarna putih atau beberapa kuntum bunga krisan sebagai teman.

Vas Bunga di Lantai
Sudut ruang tamu yang terasa kosong bisa Anda isi dengan vas model lantai. Vas bunga model ini memang dirancang untuk ditempatkan pada sudut ruangan atau di sisi tangga. Bagi rumah dengan konsep rancangan minimalis, Anda bisa memilih warna hitam, putih atau warna netral lainnya sehingga lebih cocok saat dipadukan dengan tanaman hias atau bunga.

Namun, jika Anda menginginkan adanya nuansa hijau pada ruangan tanpa harus menggunakan bunga, cukup taruh lilin dengan bentuk menarik dan berukuran kecil pada bagian atas meja, lalu pilih tanaman hias berdaun cantik untuk mengisi vas di bagian sudut, bisa dengan tanaman palem atau monstera.

Menata vas bunga di ruang tamu memang bisa dibilang gampang-gampang susah, ya? Tak perlu buru-buru, awali dengan memilih model vas yang tepat terlebih dahulu. Akses website atau aplikasi Blibli, banyak sekali pilihan vas yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan konsep ruang tamu, tentunya dengan harga dan penawaran yang sangat menarik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Gaya Hidup