Connect with us

Pendidikan

MTs Mardhotillah Jakarta Sukses Gelar Wisudawan Tahfidz Juz 29 & 30 dan Lepas Siswa Kelas IX

Wartajakarta.com-Jakarta Timur- MTs Mardhotillah Pekayon Pasar Rebo menyelenggarakan kegiatan wisuda tahfidz Juz 30 & 29 dan pelepasan siswa-siswi kelas IX tahun ajaran 2023-2024 pada hari Sabtu, 15 Juni 2024. Kegiatan ini digelar di Aula Lantai 1 Yayasan Ma’hadul Islam Mardhotillah Jakarta Timur.

Acara wisuda tahfidz dan pelapasan kelas IX ini diikuti oleh 86 siswa, terdiri dari 32 wisuda tahfidz dan pelepasan siswa kelas IX sejumlah 54 siswa. Kata Kepala Sekolah MTs Mardhotillah, Ustad Abdul Dayan,S.Pd. Sabtu (23/12/2024).

Ia menambahkan, acara ini dilaksanakan setiap tahun sekali, tahun ini merupakan wisuda angkatan ke-5acara wisuda tahfid dan pelepasan kelas IX bertujuan untuk mengapresiasi para hafidz qur’an dan melepas siswa/siswi kelas IX sekaligus memberikan penghargaan kepada siswa/siswi yang telah berjuang dalam menjaga Al-Qur’an.

Memulyakan guru dan orang tua adalah modal utama untuk menjadi orang yang sukses dan dimulyakan oleh Alloh Swt.” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Pengasuh Ponpes Mardhotillah KH. Naseh Nasrullah memberikan pesan khusus kepada para wisudawan, yakni agar senantiasa menjaga spirit menutut ilmu dengan senantiasa menjaga kehormatan guru dan orang tua.

Kemudian beliau juga berpesan kepada orang tua para wisudawan untuk memulyakan anak dan memberikan motivasi dukungan anak dalam proses mencari ilmu dengan begitu anak akan mendapatkan ilmu nafi(manfaat) di dunia dan akhirat.

KH. Nurul Badruttamam,M.A. Ketua Yayasan Ma’hadul Islam Mardhotillah juga ikut berpesan kepada wisudawan untuk terus semangat menuntut ilmu sampai akhir hayat, bercita-citalah tinggi serta bersungguh-sungguhlah karena saat ini banyak jalan untuk mencapai cita-cita seperti banyaknya beasiswa menunggu didepan anda semua, dan jangan lupa kunci kesuksesan ialah tidak lupa dengan jasa guru dan orang tua, maka wajib menghormati dan memulyakannya.

Bapak Mujiono, M.Hum, Bapak Camat Pasar Rebo, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini bawa menuntut ilmu tidak wajib di sekolah negeri melainkan sekolah swasta seperti MTs Mardhotillah tidak kalah dengan sekolah negeri lain, Madrasah menjadi solusi dalam mendidik generasi muslim yang kuat.

Acara wisuda tahfid berlangsung sangat meriah namun tetap khidmat,
generasi madrasah yang mampu menghafal dan menjaga Al-Qur’an dapat menjadi modal utama membentengi mental anak dalam menghadapi segala rintangan zaman. pungkasnya”

Acara wisuda tahfidz itu juga dihadiri sejumlah tokoh dan pejabat. “Antara lain, Pengawas Madrasah Kemenag Jakarta, Bapak Camat Pasar Rebo, Lurah, RW, RT, dan para tokoh masyarakat setempat.” Tutur panitia.

Para wisudawan tahfidz adalah mereka yang telah menyelsaikan proses ujian yang ketat dimulai dari sistem pembelajaran hafalan, setoran hingga ujian munaqosah secara terbuka, munaqosah merupakan sistem pengujian akhir dari seluruh kegiatan hafalan dan dilaksanakan dihadapan tim penguji, apabila siswa memenuhi syarat kelulusan maka kemudian secara otomatis tergister sebagai wisudawan.” Pungkas seorang panitia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Pendidikan