Connect with us

Nasional

MUDIK 2023 PEMBUKTIAN JOKOWI PARIPURNA MENGURUS UMAT

Foto : Siti Atikoh dan Ganjar naik kereta bareng pemudik. Jateng, satu satunya yang adakan mudik gratis pakai kereta (disamping bis).

 

Wartajakarta.com-Mudik tahun ini istimewa. Indonesia sudah tiga tahun menahan diri untuk bertemu keluarga.Rakyat Indonesia adalah “manusia keluarga”. Mudik, adalah pemenuhan kebutuhan psikologis dan sosial. Harus pengalaman langsung silaturahmi keluarga dan ketemu dengan tetangga lama. Bahkan “video call” tidak cukup.

Iedul Fitri, Haji dan Zakat adalah tiga kegiatan umat Islam paling besar dan paling sensitif. Iedul fitri akan diikuti oleh mudik. Haji membutuhkan pelayanan prima ratusan ribu jamaah yang ke Mekah dan Madinah, dan jutaan yang antri. Zakat, perlu pengelolaan yang dipercaya dan pemanfaatan
yang berdampak.

Zakat, sudah terlaksana lewat Bazis dan tiap lembaga besar umat juga mendirikan Badan Amil Zakat.

Haji, lewat diplomasi dan kedekatan Jokowi dengan pemerintah Saudi, kuota terus bertambah.

Iedul Fitri adalah sangat tidak sederhana. Sholat iednya sederhana, mudiknya butuh infrastruktur.

Migrasi manusia se-negara, tanpa infrastruktur, akan banyak peristiwa horor. Yang mudik makin banyak, kendsraan pribadi tambah terus.

Infrastruktur inilah yang dibangun Jokowi. Kebutuhan abadi umat Islam tiap tahun.

Kalau haji, manusia bertemu darimana dia berasal yaitu Tuhannya, mudik adalah bertemu asal kelahirannya yaitu keluarga dan tetangga. “Pokoknya, berapapun biayanya, biar sebentar, mudik kita.”

Tahun ini, di Sulawesi Selatan, sudah ada yang mudik pakai kereta api. Papua, dipermudah oleh jalan antar kabupaten yang terhubung. Sumatera dan Kalimantan mulai terbantu oleh tol, disamping jalan negara. Perbatasan punya jalan-jalan baru ke kota.

Pulang ke pulau, dipermudah oleh tol laut. Pesawat harganya masih kategori normal.

TNI AL, siapkan kapalnya untuk mudik gratis. Kemenhub, Partai, BUMN, Swasta dan Provinsi melaksanakan mudik gratis. Dua jalur tol jawa, kadang dua jalur diatur “one way” sesuai
kebutuhan. Jalan nasional siap.

“Kapolri dan Panglima, hati -hati (harus siap sempurna)”, kata Jokowi di Merak, saat periksa kesiapan mudik.

TERBUKTI. Mudik tahun ini, adalah bukti Jokowi PARIPURNA mengurus kebutuhan umat Islam. 5/5/23.

Ditulis oleh
LaOde Budi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional