Connect with us

Nasional

Nusantaranomics untuk Keadilan Tema Diskusi Webinar Satupena

Wartajakarta.com-Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi bertema Nusantaranomics untuk Keadilan. Nusantaranomics adalah gagasan yang dikembangkan oleh Prof. Didin S Damanhuri, Guru Besar Ekonomi Politik Institut Pertanian Bogor (IPB).

Obrolan Hati Pena #82 tentang Nusantaranomics itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis, 13 April 2023, pukul 20.00-22.00 WIB.

Akan berbicara, Prof. Didin S Damanhuri, Guru Besar Ekonomi Politik IPB. Diskusi Nusantaranomics itu akan dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Amelia Fitriani.

Panitia webinar menyatakan, Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman etnis dan budaya. Maka, demi mencapai pertumbuhan ekonomi bersama, penting untuk melandaskan pada solidaritas sosial serta kearifan lokal.

Hal tersebut tertuang pada Nusantaranomics. Gagasan tersebut merupakan salah satu bentuk dari sistem ekonomi Pancasila, yang menunjukkan kekuatan model kewirausahaan asli khas masyarakat Nusantara.

Dengan demikian, kebijakan ekonomi di setiap daerah tidak perlu seragam, karena disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing.

Nusantaranomics sendiri dilandaskan pada tiga ciri utama. Yakni: tidak ada pertentangan antara pertumbuhan dan pemerataan. Tidak ada pertentangan soal materialisme dan spiritualisme di mana nilai tradisi agama harus sejalan dengan capaian ekonomi. Serta adanya kepedulian terhadap pertumbuhan yang berkelanjutan dan memperhatikan kesetaraan ekologis.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https://s.id/hatipena82. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional