Connect with us

Nasional

Pembuatan Film Pendek Menggunakan Handphone Menuju Festival Film Jembrana Emas

Wartajakarta.com-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyambut baik ikhtiar Pengurus Yayasan Masjid Pantai Nusantara (YMPN) untuk mewujudkan Wisatapreneur Masjid Pantai Bali yang Rahmatan lil ‘Alamiin melalui konsep Smart Mosgue dengan misi 5 E: Edukasi, Ekonomi, Ekologi, Empati dan Entertainment. Hal ini diungkapkannya dalam kegiatan “Workshop Film” yang diselenggarakan secara online dan offline, di CUP.el Sunset Cofee, Kawasan Masjid Pantai Jembrana Bali, pada tanggal 5 Januari 2024.

I Nengah Tamba, Bupati Jembrana Bali yang secara resmi membuka acara tersebut menyampaikan bahwa banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan oleh investor di Jembrana karena Jembrana semakin prospektif dengan adanya pembangunan pelabuhan internasional Pengambengan dan tol Denpasar Gilimanuk yang diperkirakan selesai pada tahun 2026.

Para tokoh perfilman nasional yang menjadi nara sumber dalam kegiatan ini, seperti aktor senior Mark Sungkar dan Budi Sumarno, founder komunitas pecinta film nasional, menyampaikan urgensi dan prospek industri perfilman di era digital dengan menampilkan berbagai obyek di Jembrana sebagai daerah potensial untuk pengembangan industri kreatif ini.

Sutradara film kondang, Reza B. Surianegara dalam paparannya menyampaikan bagaimana sebuah film bisa mengubah daerah yang selumnya biasa bisa berubah menjadi destinasi wisata yang menarik bagi investor dan wisatawan domestik dan mancanegara.

“Workshop Film ini merupakan bagian dari ikhtiar kami untuk membantu pemerintah Kabupaten Jembrana dalam mewujudkan Jembrana Emas 2026”, ujar Fimmansyah Dimmy, Ketua Yayasan Masjid Pantai Nusantara.

Dalam diskusi yang dimoderatori oleh Akbar Prima Jaya tersebut, Kang Reza, panggilan Akrab Reza B. Surianegara menampilkan beberapa tayangan yang memukau Bupati Jembrana, seperti Film “Majestic Banyuwangi” dan “Sang Pemberani yang mendapatkan penghargaan internasional.

Sebagai tindak lanjut dari Workshop Film ini, Bupati Jembrana menyambut baik usulan Kang Reza agar diselenggarakan Festival Film Jembrana dan Sekolah Film Pinggir Pantai agar Jembrana bisa cepat berkembang dan menghasilkan talenta muda perfilman yang mendunia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional