Connect with us

Olahraga

PERTAMINA INDONESIAN GM TOURNAMENT 2024

Wartajakarta.com -Indonesia melalui PB PERCASI kembali menyelenggarakan turnamen bergengsi bertajuk “Pertamina Indonesian GM Tournament 2024″. Ini menjadi kali pertama PT Pertamina (Persero) menjadi sponsor utama kegiatan catur bertaraf internasional. Hal ini menunjukkan olahraga catur semakin menarik bagi dunia industri.

“PB Percasi sangat mengapresiasi keterlibatan dunia usaha dalam turnamenturnamen seperti ini. Karena dengan banyaknya turnamen berkelas yang kita selenggarakan, akan muncul pula pemain catur berkelas,” kata Ketua Umum PB PERCASI GM Utut Adianto. Ia mengharapkan ke depannya tidak hanya Pertamina, namun lebih banyak lagi dunia usaha yang mau mensponsori kegiatan-kegiatan catur dalam berbagai kompetisi di dalam dan luar negeri.

Turnamen ini sangat penting bagi para pemain catur Indonesia, karena melalui GM (Grandmaster) dan IM (International Master) turnamen inilah para pecatur Indonesia akan diberi kesempatan untuk memperoleh pengalaman bertanding dengan para pecatur luar negeri yang berkemampuan setara, atau bahkan di atas kemampuan mereka. Di ajang inilah mereka dapat menaikkan elo rating serta membukukan norma. Sebuah kesempatan yang tak boleh disia-siakan.

Tercatat sebanyak 24 peserta, 12 peserta GM turnamen dan 12 IM turnamen dari 8 negara (Indonesia, Malaysia, Mongolia, Singapura, Australia, Vietnam, dan Filipina) akan bertanding selama sepekan, mulai 23 April 2024 hingga 1 Mei 2024 di Artotel Gelora Senayan (Hotel Atlet Century Park), Jakarta.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menurunkan tim dengan jumlah pemain terbanyak, 7 pemain catur yang terdiri dari 6 pecatur putra dan seorang pecatur putri untuk turun di GM turnamen. Sementara di IM tumamen, Indonesia juga menurunkan 7 pemain, dengan 6 pemain putra dan seorang pemain putri.

Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3 Asia yang juga Ketua Umum PB PERCASI, GM Utut Adianto merasa bangga, Indonesia selalu dapat menyelenggarakan turnamen catur bergengsi seperti ini. “Indonesia selalu menjadi tuan rumah yang luar biasa, karena mampu memberikan yang terbaik. Dan, saya berharap turnamen kali ini juga dapat melahirkan pemain-pemain yang menjadi kekuatan yang diperhitungkan di skala global,” ujar Utut.

Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 ini akan menggunakan sistem Round Robin (Setengah Kompetisi) sebanyak 11 babak, serta menerapkan aturan (regulasi) yang ketat sesuai peraturan Federasi Catur Internasional (FIDE) untuk turnamen catur internasional pada umumnya. Tak hanya itu, kejuaraan ini pun menyediakan hadiah total USD 20.900 (atau sekitar Rp 330 juta), terdiri dari USD 13.100 untuk kategori GM Tournament dan USD 1.800 untuk kategori IM Tournament.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Olahraga