Connect with us

Nasional

Rakornas FKA ESQ Jawab Isu Nasional Maupun Global di Bidang SDM

Wartajakarta.com- ESQ Leadership Center yang memiliki lebih dari 5 juta alumni di seluruh Indonesia dan lima benua menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ 165 untuk
mengevaluasi program kerja pengurus FKA pusat dan daerah pada 18 Mei 2024.

“Sejak awal berdirinya pada 16 Mei 2000, ESQ sudah berkomitmen dalam hal peningkatan kualitas SDM RI. ESQ telah melalui target 2020 yaitu Indonesia Emas Berkarakter, target berikutnya tahun 2030 Indonesia Emas Sejahtera dan Indonesia Emas Adidaya pada 2045,” jelas Ary Ginanjar, Founder ESQ.

Menurutnya, Rakornas ini bertujuan untuk merumuskan kebijakan yang diperlukan dalam rangka menyikapi perkembangan baru, termasuk regulasi Pemerintah terkait dengan Sumber Daya Manusia dan melalui Rakornas ini diharapkan FKA ESQ dapat menjawab berbagai isu nasional maupun global di bidang Sumber Daya Manusia.

Kunci utama untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 adalah tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang Cerdas dan Berkarakter dan berdasarkan analisa Badan Pusat Statistik Nasional (BPS) jumlah penduduk Indonesia saat ini sebesar 270,2 juta jiwa (sensus penduduk 2020), dan pada kurun waktu tahun 2030-2040 Indonesia akan mengalami bonus demografi.

Saat itu penduduk Indonesia diprediksi akan didominasi warga negara berusia produktif dalam rentang antara 15 hingga 64 tahun dimana penduduk usia produktif masa itu diperkirakan akan lebih banyak jumlahnya dibandingkan usia non-produktif.

“Ketika kondisi pembangunan Indonesia memasuki 100 tahun kemerdekaannya. Pemerintah Indonesia menyatakan Transformasi Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi kuat ditentukan bagaimana kualitas Sumber Daya Manusia dalam memanfaatkan Sumber Daya Alam sebaik-baiknya,” kata Ary Ginanjar.

Dari gambaran kebijakan tersebut menunjukkan bahwa strategi, gerak langkah ESQ dalam membangun SDM sudah in-line dengan Visi Pemerintah.

Prestasi ESQ terkait “ASN Ber-AKHLAK” memberikan kepercayaan kepada ESQ untuk mengukur kinerja ASN Ber-AKHLAK yang dilaksanakan oleh Kementerian, Lembaga dan Daerah untuk menyiapkan SDM yang tangguh, cerdas dan berkarakter.

“ASN Ber-AKHLAK adalah SDM Berkarakter yang memiliki keseimbangan kecerdasan intelektual (IQ), Emosional (EQ), dan Spiritual (SQ),” tegas Ary Ginanjar.

Cirinya adalah memiliki nilai-nilai luhur seperti kejujuran, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil dan peduli (7 Budi Utama).

Inilah SDM Emas yang akan menjadi mesin penggerak penting bagi keberhasilan Indonesia memasuki masa keemasannya di semua sektor.

Memahami kondisi tersebut, ESQ sebagai lembaga Training Pengembangan Karakter, selama 24 tahun terakhir konsisten memberikan pelatihan SDM, dengan jumlah alumni mencapai 5 juta orang, yang tersebar di berbagai belahan dunia.

ESQ telah berhasil mendirikan Menara 165 dan telah meresmikan berdirinya Universitas UAG dan di resmikan pada tanggal 24 Maret 2024.

Diketahui, Universitas UAG merupakan transformasi dari sebelumnya yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ (STIMIK ESQ).

Universitas UAG yang merupakan bagian dari milestone capaian ESQ ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mendidik SDM Cerdas dan Berkarakter. Kurikulumnya dirancang dengan keseimbangan IQ, EQ dan SQ.

Bagi ESQ untuk menjaga agar berbagai potensi yang dimiliki dapat terus optimal, FKA ESQ sebagai unsur pendukung terus melakukan upaya penyempurnaan baik pada Bidang Organisasi, Hubungan Antar Lembaga, Sarana dan Prasarana, Sosial dan Kemanusiaan, Bidang Ekonomi dan Pendidikan.

Rakornas pada 18 Mei 2024 untuk mensyukuri atas pencapaian selama ini sekaligus sebagai ajang evaluasi atas apa yang telah dilakukan dalam menghadapi berbagai tantangan yang dilanjutkan dengan malam tasyakuran Milad ke 24 ESQ.

Upaya merapatkan barisan, menyatukan potensi serta menyamakan gerak langkah pengurus Pusat, Wilayah dan Daerah ini diharapkan dapat menghasilkan ide dan gagasan, yang pada gilirannya dapat melahirkan program-program yang implementatif dan berguna bagi masyarakat.

Acara Road to Milad ESQ diawali oleh Fun Charity Run #Run For Generation, Mental Health Talkshow, Mental Health Ranger, Webinar Gathering Guru BK se-Indonesia.

Di webinar tersebut mengusung tema Great Teacher as a Coach, telah membekali 1025 Guru Bimbingan Konseling (Guru BK) seluruh Indonesia dengan Ilmu ESQ Coaching dan Hypnotheraphy.

Seluruh kegiatan yang diikuti oleh berbagai komponen bangsa dari berbagai usia telah sukses dilaksanakan dari 11-14 Mei 2024.

Semoga kontribusi ESQ Corp dan seluruh alumninya lewat FKA ESQ dapat menginspirasi semua stakeholders pusat dan daerah untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional