Connect with us

Nasional

Rektor Universitas Surakarta Menghadiri Gelar Hari UMKM Nasional, Suguhkan Rangkain Transformasi UMKM Masa Depan

Wartajakarta.com– Sebagai upaya menyiapkan UMKM tanah air yang tangguh dan adaptif, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bersama dengan Pemerintah Kota Surakarta menggelar Hari UMKM Nasional 2023 bertajuk Transformasi UMKM Masa Depan.

“Kita perlu menyiapkan UMKM untuk masuk hilirisasi nasional bukan hanya dengan teknologi rendah, agar dapat menaikkan kualitas lapangan pekerjaan yang 97 persen di antaranya disediakan oleh UMKM, oleh karenanya level mereka harus dinaikkan,” kata Menteri Teten.

Menteri Teten juga menambahkan, transformasi UMKM masa depan juga ditandai dengan masuknya UMKM pada platform digital. Hal tersebut sejalan dengan target pemerintah dalam mendorong 30 juta UMKM onboarding, di mana saat ini lebih dari 22 juta UMKM sudah masuk ke dalam ekosistem digital.

Hj. Astrid Widayani, S.S, S.E, M.B.A sebagai Rektor Universitas Surakarta dan founder Jawara UMKM Solo menyampaikan di hari UMKM yang di adakan di Solo ini, Saya lebih menyoroti adanya harapan dari Republik Indonesia dalam hal ini melalui Bapak Presiden Jokowi melalui Perpres tahun 2022 nomer 2 kaitannya tentang pengembangan kewirausahaan Nasional. diharapkan dari 65 juta UMKM yang sudah mulai berkembang dan sudah mulai banyak pendampingan, pelatihan mulai bisa naik kelas masuk kedalam pengusaha pemula atau wirausaha pemula, jelas Astrid Widayani pada awak media, Kamis, 10 Agustus 2023.

Karena dalam bahasa atau definisi wirausaha itu udah ada standar-standar tertentu, jadi UMKM yang selama ini pelaku mikro atau pelaku usaha yang kecil tentunya bisa semakin skill up atau naik kelas menjadi pengusaha atau wirausaha karena jumlahnya baru belum sampai 5 juta. Jadi dibandingkan dengan UMKM yang begitu banyak harus ada yang kita dikembangkan disini, tambah Astrid.

Focus discussion dihadirkan kolaborasi dari berbagai sisi mulai dari pihak pemerintah pemangku kepentingan, kebijakan dan kemudian juga dari kami pihak perguruan tinggi sampai dengan komunitas komunitas. Komunitas ini diusahakan juga untuk yang asosiasi pengusaha, karena dari semua kolaborasi ini akan terbentuk ekosistem kewirausahaan yang tentunya akan mendorong jumlah wirausaha – wirausaha baru pemula bahkan nanti sampai kemasan

Harapannya ya tentunya ini bisa lebih menyemangati kawan-kawan pelaku UMKM untuk bisa lebih berkembang lagi karena sudah jelas dari pemerintah ada perhatian khusus bahkan di bawah Kementerian Koperasi dan UMKM sudah menggandeng lintas Kementerian. Saya melihat di Solo ini yang hadir tidak cuma dari Komenkop selaku yang punya acara aza, tetapi dari kementerian yang lain dan juga mendukung untuk terciptanya ekosistem yang baru, pungkas Hj. Astrid Widayani, S.S, S.E, M.B.A sebagai Rektor Universitas Surakarta dan founder Jawara UMKM Solo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional