Connect with us

Nasional

RSCM KIARA Mendapatkan Hadiah Ulang Tahun Dari Lions Club Indonesia Multi Distrik 307

Wartajakarta.com-Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) dr Cipto Mangunkusumo akan merayakan ulang tahunnya ke 103 pada 19 November 2022. Selain menjadi RS Pemerintah, RSCM yang berlokasi di Jl Diponegoro 71 Jakarta Pusat ini juga berfungsi sebagai RS pendidikan, salah satunya adalah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Unit pelayanan terbaru RSCM Kiara merupakan unit khusus yang melayani ibu dan anak dimana setiap harinya melayani tidak kurang dari 500 pasien anak yang dirujuk dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai hadiah ulang tahunnya, RSCM Kiara mendapatkan hadiah ulang tahun dari Lions Club Indonesia Multi Distrik 307 berupa arena bermain yang dapat dimanfaatkan pasien anak pada saat berobat.

Penyerahan arena bermain telah dilaksanaan pada Kamis, (17 /11) oleh Prof Dr dr Rinawati R, Sp.A (K) Kepala RSCM Kiara. Beliau menyampaikan bahwa sarana bermain bagi pasien anak sangat dibutuhkan untuk membantu meredakan rasa kebosanan menunggu antrian maupun menurunkan ketegangan menghadapi pemeriksaan dan pengobatan. Masih banyak area di RSCM Kiara ini yang membutuhkan sentuhan dan perhatian agar dapat membangun suasana ceria dan kreatif pasien anak.

Kontribusi Lions Club sebagai bagian dari warga masyarakat yang peduli akan kebutuhan kembang anak sangat diapresiasi. Hadir pula dalam acara tersebut, Felix Hady Marthadiantara sebagai Ketua Dewan Gubernur Lions Club Indonesia Multi Distrik 307, didampingi Distrik Gubernur A1 Reiny Z. Arifin dan Distrik Gubernur B1 Erijanto Djajasudarma yang ikut menandatangani kerja sama antara kedua belah pihak.

Felix menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari alumni Regional Lions Leadership Institute (RLLI) 2022, yang merupakan wadah edukasi pendidikan kepemimpinan bagi anggota Lions Club International.

” Dan untuk pertama kalinya kegiatan ( bantuan arena bermain) ini dilakukan. Rencananya akan dilanjutkan dibeberapa rumah sakit di kota-kota lainnya,” kata Felix.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari berbagai Lions Club diantaranya Lions Club Jakarta Selatan Sentra Bisnis, Lions Club Jakarta Meruya Bintang, Lions Club Jakarta Movast, Lions Club Jakarta Heritage dan Lions Club Jakarta Monas Summit.

“Dengan adanya kegiatan ini kita mengharapkan ada potensi-potensi masyarakat lain yang ingin juga berbuat baik walaupun dalam bentuk yang lainnya,” ujar Felix.

Penyediaan sarana bermain bagi pasien anak juga sedang dipersiapkan di 5 Rumah Sakit lainnya di Jakarta Utara, Medan, Sidoarjo, Makassar dan Bali. Penyediaan sarana bermain bagi pasien anak ini diharapkan dapat memperkenalkan Lions Club kepada masyarakat.

Sedangkan dikesempatan yang sama Ibu Ratna Ariani selaku Ketua Project Arena Bermain mewakili Alumni Regional Lions Leadership Institute 2022 menjelaskan,
hadiah yang diberikan berupa 4 macam permainan dengan alas lantai yang aman dilengkapi rak sepatu, hand sanitizer. Diserahkan pula sejumlah kursi roa. Sebenarnya mengapa hanya 4 permainan? karena anak-anak di bawah 12tahun ini perlu arena cukup untuk berlari dan bermain mobil- mobilan/
” Karena pada dasarnya anak senang bermain walaupun saat sakit sekalipun. Kalau anak sakit dan tidak mau berobat karena trauma atau takut berobat maka proses penyembuhan akan lama. Arena bermain ini letaknya dekat dengan ruang radiologi dan laboratorium; tempat dimana mereka sering diambil sampel darahnya maupun di rontgen secara berkala akibat penyakit kronisnya. Maka dengan adanya arena bermain ini yang mereka ingat adalah bisa main dulu sepuasnya sebelum masuk ruangan bahkan mungkin sudah lupa rasa disuntik karena pengen cepat main. ” ungkapnya.

Maka dari itu, Ratna berharap kedepannya sebagai anggota Lions ingin memberikan bantuan pada masyarakat disaat mereka membutuhkan dan bisa ikut berbagi.
“Mungkin kami tidak bisa mengurangi beban penderitaan para pasien anak m tapi…

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional