Connect with us

Nasional

Satupena Akan Diskusikan Masalah HAM dan Kaitannya Dengan Pembaruan Islam

Wartajakarta.com- – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi bertema Islam dan HAM (hak-hak asasi manusia), serta seberapa penting kaitannya dengan pembaruan Islam.

Obrolan Hati Pena #114 tentang HAM dan pembaruan Islam itu akan berlangsung di Jakarta, pada Kamis malam, 14 Desember 2023, pukul 19.00-21.00 WIB.

Pembicara pada diskusi tentang HAM dan pembaruan Islam itu adalah Dr. Neng Dara Affiah, M.Si., dosen UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Diskusi itu akan dipandu oleh Anick HT dan Amelia Fitriani.

Panitia webinar menyatakan, agama-agama hadir di masyarakat dengan membawa seperangkat nilai yang disebut sebagai “kebaikan”. Dan tentu, manusia menjadi subjek maupun objek yang sentral dalam hal ini.

Konsensus kebaikan ini kemudian berkembang sedemikian rupa hingga membentuk konsensus global yang salah satunya berwujud sebagai Hak Asasi Manusia.

Islam pun memiliki klaim besar terhadap kemanusiaan dan hak-hak asasi manusia, meski pada detailnya masih menyisakan banyak perdebatan.

Isu-isu hak perempuan, hak anak, radikalisme, kekerasan, menjadi bagian dari perdebatan panjang di seputar Hak Asasi Manusia dalam perspektif Islam.

Isu-isu inilah yang menjadi perhatian penting dari Neng Dara Affiah, seorang pemikir muslimah yang lahir dari kalangan pesantren ini.

Ini dituangkan dalam buku terakhirnya: “Kemanusiaan dan Pembaruan Masyarakat Muslim Indonesia.”

Melalui buku ini, Neng Dara juga melihat persoalan-persoalan kebangsaan Indonesia, termasuk pergulatan pemikiran di antara kelompok-kelompok Islam yang ada.

Posisi, keilmuan, serta pengalaman Neng Dara sebagai santri, aktivis perempuan, pemikir keislaman, serta akademisi menjadi racikan perspektif yang sangat menarik dalam melihat berbagai persoalan kebangsaan kita.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena114. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional