Connect with us

Nasional

Serbuan Vaksinasi Covid-19 TNI AL, SESKOAL Kembali Melaksanakan Vaksinasi Bagi Pelajar Usia 12-17 Tahun

Wartajakarta.com-Serbuan Vaksinasi Covid-19 TNI AL, Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) kembali melaksanakan vaksinansi Covid-19 yang dikhususkan bagi anak usia 12-17 tahun, digelar di GOR M.Romly Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (03/08/2021) acara tersebut juga di dukung oleh Jalasenastri atau Persatuan Istri Prajurit TNI AL.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han)., yang diwakili Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Dr. Aria Cakra Wibawa, M.Tr(Han)., GDAIS, M.A., CTMP. didampingi para pejabat utama Seskoal meninjau pelaksanaan vaksinasi yang diperuntukan bagi Pelajar SD, SMP dan SMA di Wilayah

Jakarta Selatan dengan menargetkan 1000 anak usia 12-17 tahun untuk diberikan vaksinasi dengan vaksin Sinovac.

Ketua Cabang Berdiri Sendiri (CBS) Jalasenastri Seskoal Ny. Nita Tunggul Suropati yang juga berprofesi sebagai dokter Turut Serta mengirimkan 1 Tim Vaksinator dari CBS Jalasenastri Seskoal yang merupakan Istri Prajurit TNI Angkatan Laut Seskoal yang seluruhnya berprofesi sebagai Tenaga Kesehatan. Bahkan dalam acara tersebut Ny. Nita Tunggul Suropati turut memberikan vaksinasi kepada pelajar.

Kegiatan vaksinasi ini mengacu pada Surat Edaran (SE) Direktoral Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang mengatur

tentang vaksinasi tahap ketiga bagi masyarakat rentan dan umum serta bagi anak-anak usia 12-17 tahun.

Kepala Kesehatan (Kasatkes) Seskoal Letkol Laut (K) dr.Syarif Mustika Harinurdi, Sp.B., M.Tr.Opsia menjelaskan tata cara pemberian vaksin terhadap Pelajar usia 12-17 tahun sama dengan vaksinasi Covid-19 umum, Mulai dari pendataan, screening, penyuntikan vaksin sampai dengan tahap observasi. Untuk administrasi vaksin pada

kelompok usia 12-17 tahun ini calon penerima vaksin hanya perlu mencantumkan NIK yang ada di dalam kartu keluarga.

Pada pelaksanaan vaksinasi, dosis vaksinasi yang diberikan kepada anak usia

12-17 tahun ini ialah setengah dari dosis orang dewasa (0,5 ml) dengan interval minimal 28 hari dari dosis pertama ke dosis kedua.

Kedepannya Seskoal akan terus melaksanakan vaksinasi baik kepada remaja maupun orang dewasa, guna mendukung program pemerintah dalam mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Hal tersebut juga selaras dengan perintah langsung dari panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., guna mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus Covid-19.

Adapun giat Pelaksanaan vaksinasi ini melibatkan 20 orang tenaganya kesehatan dari Satkes Seskoal, juga merangkul instansi terkait lainnya seperti Puskesmas Kebayoran Lama, RSAL Dr Mintohardjo dan Vaksinator dari Diskesal.

Terkait sosialisasi program vaksinasi di Seskoal ini kami sama sekali tidak mengalami kendala. Hal ini terbukti dari banyaknya peserta vaksinasi yang hadir ungkap Ny.Nita Tunggul Suropati.

“Kedepan kami siap untuk melakukan vaksinasi dimana saja karena TNI AL tersebar di seluruh Indonesia” pungkasnya

Sementara itu wakil komandan seskoal Laksamana Muda TNI Aria Cakra mengajak dan menghimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Pasalnya vaksinasi itu halal, aman dan juga tidak di pungut biaya terangnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional