Connect with us

Gaya Hidup

Sweater Rework di ESMOD Jakarta Dukung Tren Fashion Ramah Lingkungan

WartaJakarta.com-Jakarta Dalam upaya mendukung tren fashion ramah lingkungan, ESMOD Jakarta memperkenalkan proyek inovatif bagi mahasiswa desain mode. Proyek sweater rework ini merupakan bagian dari kurikulum tahun pertama yang tidak hanya mengajarkan dasar-dasar desain mode, tetapi juga mendorong kreativitas mahasiswa melalui pendekatan sustainability.

Para mahasiswa di ESMOD Jakarta diajak untuk mengembangkan kreativitas mereka melalui berbagai proyek menarik yang berkaitan dengan fashion ramah lingkungan dalam kurikulum tahun pertama.

Baru-baru ini, telah berlangsung proyek sweater rework yang melibatkan para mahasiswa ESMOD Jakarta dalam perjalanan kreatif untuk mengubah sweater bekas menjadi sebuah karya baru yang inovatif. Selain mewajibkan para mahasiswa ESMOD Jakarta menggunakan sweater bekas yang mereka punya, proyek ini juga menghadirkan sentuhan desain yang unik dan kreatif.

Selama tiga minggu, para mahasiswa ESMOD Jakarta menguji keterampilan mereka dalam membuat creative fabric dengan cara yang unik dan menarik. Mereka juga diminta untuk menggabungkan berbagai teknik serta menciptakan tema untuk diangkat pada koleksinya agar hasil karya mereka nantinya menjadi semakin menarik dan bermakna.

Dalam proses ini, mereka tidak hanya belajar tentang teknik dasar seperti memotong dan menjahit, tetapi juga teknik lanjutan seperti penggabungan berbagai tekstur, pewarnaan, dan bahkan penggunaan elemen dekoratif.

Setiap tahap proyek ini diawasi oleh dosen ESMOD Jakarta yang memberikan saran dan arahan untuk memastikan setiap mahasiswa ESMOD Jakarta mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal.

Para mahasiswa ESMOD Jakarta menggunakan sweater bekas yang mereka miliki. Selanjutnya, mereka mulai membuat konsep baru untuk desain sweater mereka sesuai keinginan masing-masing. Mereka menggunakan teknik-teknik yang telah mereka pelajari dalam kelas serta mendapat panduan dari dosen ESMOD Jakarta.

Setelah memiliki konsep yang jelas, mereka kemudian masuk ke tahap pengembangan desain. Tantangan yang diberikan kepada mereka yaitu mereka harus menciptakan 5 looks yang berbeda. Dari ke-5 looks tersebut, mereka akhirnya memilih satu desain untuk diubah menjadi karya nyata.

Dalam proyek ini para mahasiswa ESMOD Jakarta berusaha untuk memahami karakteristik dari bahan yang ada dan mencari cara supaya bisa mengubahnya menjadi suatu hal yang baru dan menarik. Selain itu, mereka mendalami keterampilan teknis seperti memotong, menjahit, dan memberikan sentuhan akhir yang diperlukan agar sweater rework mereka terlihat luar biasa.

Tidak hanya itu, mereka juga diajak untuk mempertimbangkan aspek fungsionalitas dan kenyamanan dalam setiap desain yang mereka buat, memastikan bahwa produk akhir tidak hanya bagus secara tampilan tetapi juga nyaman untuk dikenakan.

“Proyek sweater rework di ESMOD Jakarta bertujuan menanamkan kesadaran akan sustainable fashion kepada para mahasiswa dengan mengubah sweater bekas menjadi karya baru yang inovatif. Melalui proyek ini, para mahasiswa ESMOD Jakarta tidak hanya mengasah keterampilan secara teknik seperti memotong dan menjahit, tetapi juga didorong untuk berpikir kreatif dan solutif dalam menghadapi tantangan lingkungan.

Saya berharap pengalaman ini akan membekal mereka dengan nilai-nilai sustainability yang dapat diterapkan dalam karier masa depan mereka di industri fashion.” ungkap Nathalia Gunarian
selaku Academic Program Manager ESMOD Jakarta kepada WartaJakarta,Selasa(,18/6) 2024 di Jakarta.

Setelah selesai, hasilnya sweater baru yang mereka buat benar-benar menunjukkan
kreativitas yang mereka miliki dan kemampuan desain mereka yang terus berkembang.

Kemudian, mereka juga mengenakan sweater rework hasil karya mereka masing-masing
untuk didokumentasikan bersama saat proyek kelas tersebut telah selesai. Mulai dari awal hingga akhir, perjalanan proyek sweater rework telah menginspirasi dan memperdalam pengetahuan para mahasiswa ESMOD Jakarta dalam bidang desain mode.

Tentang ESMOD Jakarta ESMOD merupakan International Fashion Design & Business yang dikenal sebagai salah satu pionir pendidikan fashion di seluruh dunia yang berpusat di Paris, Prancis sejak 1841. Di Indonesia, selain menjadi pionir, lulusan ESMOD Jakarta telah berhasil menciptakan desainer yang menghasilkan busana yang banyak diminati masyarakat sejak 1996.

Saat ini ESMOD Jakarta berkolaborasi dengan CPI (Creative Polytechnic Indonesia) yang merupakan wadah bagi ESMOD Jakarta untuk masuk ke ranah pendidikan formal di bawah
Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dengan program D-4 Sarjana Terapan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Gaya Hidup