Connect with us

Nasional

Tingkatkan Sumber Daya Manusia Yang Handal Dalam Hal Keterbukaan Informasi, Lanal Bandung Ikuti Rakernispen TNI Angkatan Laut Tahun 2021

 

Wartajakarta.com-Bandung,- Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang handal dalam hal keterbukaan informasi, Pasintel Lanal Bandung Mayor Laut (E) Ecep Wirawan selaku Perwira Penerangan (Papen) Lanal Bandung mengikuti Rapat Kerja Teknis Penerangan (Rakernispen) TNI Angkatan Laut Tahun 2021 secara virtual dengan tema “Humas Unggul Angkatan Laut Terdepan” bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No. 8 Kota Bandung, Jum’at (17/12/2021).

Rakernispen TNI AL Tahun 2021 dibuka Waasintel Kasal Laksamana Pertama TNI Akmal, S.A.P., CHRMP., di Ruang Rapat Dispenal, Cilangkap, Jakarta Timur. Rakernispen ini dihadiri Kadispenal, Kadisinfolahtal, Sekdispenal, Para Kasubdis Dispenal, Para Kepala Dinas Penerangan Angkatan dan Staf, serta Satuan Penerangan Jajaran TNI AL diseluruh Indonesia secara virtual.

Pelaksanaan Rakornispen TNI 2021 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hal ini berkait dengan pandemik Covid-19 yang belum berakhir, sehingga pelaksanaan dilakukan secara virtual untuk menghindari dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dalam sambutannya, Waasintel Kasal mengatakan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini dunia sedang memasuki era industri 4.0 dan akan segera memasuki era industri 5.0. Oleh sebab itu, Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut perlu mengantisipasi dengan menyiapkan sumber daya manusia yang handal dalam rangka menghadapi era industri tersebut khususnya berkaitan dengan keterbukaan informasi.

Terkait dengan perkembangan lingkungan strategis, TNI/TNI Angkatan Laut telah mempersiapkan dan berupaya meningkatkan kemampuan teknologi dengan membangun dan mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi sebagai sarana transformasi data/informasi yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, memproses dan menyebarkan aliran informasi tanpa gangguan dengan cepat dan tepat secara bersamaan.

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut juga harus melaksanakan tindakan defensif aktif untuk mengantisipasi peperangan informasi dalam menghadapi pemberitaan, khususnya berita yang memberikan kesan negatif kepada institusi TNI Angkatan Laut. Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut juga harus aktif melaksanakan sinergitas serta hubungan yang mutualisme dengan instansi/kantor media massa sebagai mitra strategis dalam membangun dan menjaga hubungan kerjasama. Pemanfaatan teknologi digital juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keunggulan informasi yaitu dengan transformasi data/informasi secara cepat, tepat dan akurat yang dilaksanakan melalui integrasi seluruh jajaran TNI Angkatan Laut sebagai sumber data/informasinya.

Dalam Rakernispen ini, para peserta juga mendapatkan beberapa pembekalan dari narasumber yaitu dari CEO Good News From Indonesia (GNFI) Wahyu Aji dengan materi “Membangun Cerita TNI AL Melalui Media Digital Secara Menarik”. Tidak cukup hanya dengan konten yang menarik tetapi juga harus dikemas dengan menarik sehingga memanjakan mata para penikmat. “Konten dianggap sebagai King atau Raja, sedangkan kemasan diasumsikan sebagai Queen atau Ratu. Jadi Raja dan Ratu harus duduk berdampingan untuk menghasilkan sesuatu yang menarik,” tuturnya.

Sementara itu, Kadispenal menyampaikan dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat harus disikapi dengan kesiapan Dinas Penerangan diseluruh Kotama/Satuan Angkatan Laut menjadi Dinas Penerangan yang mampu menghadapi peperangan informasi dalam era serba digital. Kemajuan teknologi khususnya perangkat berbasis internet dan media sosial, perlu mendapat sorotan khusus. Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media propaganda dan media perang urat syaraf.

Lebih lanjut dikatakan, Dinas Penerangan Angkatan Laut juga mempunyai peran penting dalam Komando Gabungan (Kogab) TNI melalui Komando Tugas Gabungan Dukungan (Kogasgabduk) pada pelaksanaan Operasi Dukungan Informasi (Opsduk Info).

“Perang Konvensional masih mungkin terjadi namun Perang Informasi pasti terjadi secara terus menerus. Siapa yang menguasai informasi, maka dia akan memenangkan pertempuran”, tegasnya.

Pelaksanaan Rakernispen TNI AL Tahun 2021 ini sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional