Connect with us

Nasional

BIN KOMITMEN PERKUAT PERTAHANAN DAN KEAMANAN IKN

Wartajakarta.com – Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (Sestama BIN) Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Drs. Bambang Sunarwibowo, M. Hum memandang bahwa BIN dan IKN perlu meningkatkan sinergitas.

Menurut Sestama BIN tersebut, sinergitas dan kolaborasi kedua institusi sangat dibutuhkan dalam menghadapi perubahan lingkungan stratejik yang semakin kompleks, baik dalam tataran global maupun regional.

“Kerjasama yang erat antara IKN dan BIN sangat vital dalam menghadapi ancaman yang berkembang, mulai dari keamanan konvensional hingga ancaman siber,” ujar Komjen Pol Bambang.

Sestama BIN itu melanjutkan bahwa institusi yang dipimpin oleh Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., siap bersinergi dengan OIKN dalam rangka menguatkan sistem pertahanan dan keamanan di IKN.

Salah satu upaya tersebut dilaksanakan melalui penyiapan Sistem pertahanan dan keamanan berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terpusat pada One Signal Network.

Di tempat yang sama, Sekretaris Otorita IKN, Dr. Achmad Jaka Santos Adiwijaya S.H., LLM menjelaskan bahwa IKN akan menjadi pusat pemerintahan yang aman, modern, dan berkelanjutan.

“Sistem pertahanan dan keamanan yang dibangun melalui sis Hankamrata yang mengintegrasikan berbagai aspek pertahanan militer dan non militer, yang selaras dengan diplomasi dan didukung oleh pertahanan cerdas yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh Kementerian Pertahanan,” terangnya

Sementara itu, konsep smart security yang telah dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) Pertahanan dan Keamanan IKN pada Oktober 2023 lalu, telah menjadi landasan penting dalam penyusunan strategi keamanan cerdas di IKN.

“Kami telah mengintegrasikan konsep smart security ini dengan kebijakan dan program yang sedang berjalan, termasuk dengan pihak-pihak terkait seperti BIN dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di IKN,” kata Jaka.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional