Connect with us

Gaya Hidup

Dalam Rangka Hari Kanker Sedunia 2024 Kemenkes Libatkan Masyarakat Ajak Deteksi Dini Kanker

Wartajakarta.com-Secara global, kanker yang paling umum adalah kanker payudara, paru-paru, usus besar dan rektum, serta kanker prostat. Pada tahun 2020, kanker payudara merupakan kanker dengan prevalensi tertinggi di dunia, sedangkan kanker paru-paru menyebabkan jumlah kematian tertinggi.

Kanker tidak hanya merupakan bencana besar bagi kesehatan dan kesejahteraan individu tetapi juga merupakan tantangan besar bagi keluarga dan masyarakat secara keseluruhan. Kanker mempunyai dampak ekonomi yang signifikan terhadap sistem kesehatan, serta perekonomian yang lebih luas melalui berkurangnya produktivitas karena penyakit ini menyebabkan kematian dini pada orang-orang yang masih berada dalam usia produktif.

Dalam rangka hari kanker sedunia 2024 ,Kemenkes libatkan masyarakat dalam mengajak deteksi dini kanker tanggal
25 Februari 2024 12:44 WIB

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Eva Susanti,saat di acara “5K Amazing Run: Ambil Kendali, Lakukan Skrining Kanker” di Jakarta Pusat, Minggu (25/2/2024).mengatakan,
Kemenkes selalu melibatkan berbagai elemen di masyarakat dalam mensosialisasikan ajakan mendeteksi dini kanker.

“Sebagai upaya melakukan edukasi, kami mengajak LSM (lembaga swadaya masyarakat), tokoh masyarakat, tokoh agama, lintas kementerian untuk sama-sama memberikan edukasi mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan screening dengan peralatan dan sumber daya manusia yang kami siapkan,”tutur Eva.

Kami juga melakukan sejumlah upaya lain dalam mensosialisasikan kegiatan deteksi dini kepada masyarakat di antaranya dengan menggunakan berbagai platform media sosial hingga melakukan sosialisasi langsung dari rumah ke rumah.

Disamping itu,juga dilakukan bersama dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan fasilitas kesehatan di penjuru wilayah Indonesia secara keseluruhan dan merata.

“Fasilitas kami cukup lengkap, sarana prasarananya untuk orang yang berobat di Aceh kemudian berobat di Papua dan Jakarta,Kita semuanya tidak ada lagi perbedaan antara daerah terluar, terjauh, terpencil diharapkan semuanya sudah sama,” ujar Eva.

Eva mengatakan, Kesadaran masyarakat untuk melakukan kegiatan deteksi dini masih rendah oleh sebab itu pihaknya selalu memberikan himbauan ke masyarakat melakukan deteksi dini setidaknya satu kali dalam setahun.

Pemerintah terus menggencarkan upaya mendorong kegiatan deteksi dini segala jenis kanker. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan melengkapi pusat kesehatan masyarakat dan rumah sakit dengan peralatan kesehatan yang canggih dan modern.

Di acara World Cancer Day 2024 5K Amazing Run “Ambil Kendali dan lakukan skrining kanker ” selain itu peserta juga bisa ikut senan zumba,lari dan jalan 5K Amazing Run dan juga mendapatkan penjelasan dari para ahli kanker dan organisasi kanker.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Gaya Hidup